Bumi Super Baru Ditemukan Mengorbit Tetangga Terdekat Matahari

Kompas.com - 15/11/2018, 19:01 WIB
Planet Bintang Barnard B, planet baru berukuran tiga kali lebih besar dari Bumi yang sangat dekat dengan matahari dan jaraknya hanya 6 tahun cahaya dari Bumi. Planet Bintang Barnard B, planet baru berukuran tiga kali lebih besar dari Bumi yang sangat dekat dengan matahari dan jaraknya hanya 6 tahun cahaya dari Bumi.

KOMPAS.com - Tim astronom Internasional telah menemukan sebuah planet berukuran jumbo yang berada di sekitar Matahari.

Planet seperti ini kemungkinan menjadi target utama dalam pencarian tanda-tanda kehidupan.

Planet yang mengorbit pada bintang Barnard itu hanya berjarak enam tahun cahaya dari Bumi. Dengan massa planet 3,2 kali lebih besar dari Bumi, ia pun masuk dalam kategori "Bumi Super".

Laporan tentang planet Super Bumi telah diterbitkan di jurnal Nature, hari ini (15/11/2018) oleh Guillem Anglada Escudé dan rekannya.