Kompas.com - 05/11/2018, 18:02 WIB

KOMPAS.com - Masih ingat dengan Starman? Itu adalah manekin berpakaian astronot yang "mengendarai" mobil listrik merah Tesla milik Elon Musk menuju ke Mars.

Starman menuju planet merah melalui misi perdana roket bersar Falcon Heavy SpaceX Februari 2018 lalu.

Kini, setelah 9 bulan, perwakilan perusahaan SpaceX mengabarkan bahwa Starman telah melampaui orbit Mars.

"Lokasi Starman saat ini. Pemberhentian selanjutnya, restoran di ujung alam semesta," kicau perwakilan perusahaan menggunakan akun twitter @SpaceX, Sabtu (03/11/2018).

Dilansir dari Space.com, Sabtu (03/11/2018), kalimat kedua dalam kicauan tersebut ditujukan sebagai dedikasi kepada penulis besar Douglas Adams.

"The Restaurant at The End Universe" merupakan novel kedua dari serial "Hitchhiker's Guide to the Galaxy" karya Adams.

Diketahui bahwa Elon Musk merupakan penggemar novel berseri itu. Bahkan, dalam layar di mobil listrik yang diluncurkan ke antariksa itu terdapat tulisan "Don't Panic!".

Frasa itu dikenal menghiasi sampul salah satu buku dalam novel seri karya Adams.

Di luar itu, Starman dan mobilnya tidak akan bertahan di luar Mars selamanya. Seperti yang terlihat dalam diagram, mereka akan berputar kembali pada orbit heliosentris, yang akhirnya mendekati Matahari dengan jarak seperti Bumi.

Menurut studi pemodelan orbit, Starman dan mobil listrik itu akan mendekati Bumi kembali dalam jarak beberapa ratus ribu kilometer pada 2091.

Penulis studi tersebut memperkirakan kemungkinan mobil yang ditunggangi Starman akan menabrak Venus atau Bumi dalam beberapa puluh juta tahun mendatang.

Baca juga: Siapa Orang Pertama yang Akan Mendiami Mars? Ini Jawaban Elon Musk

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber SPACE.COM
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.