Manakah yang Paling Sehat: Diet Keto, Mediterania, atau Vegan?

Kompas.com - 13/11/2018, 11:58 WIB
Ilustrasi diet targovcomIlustrasi diet

KOMPAS.com - Dalam pertemuan tahunan American Heart Association's Scientific Sessions, para ilmuwan mendiskusikan diet mana yang paling menyehatkan jantung. Mereka mengambil data dari berbagai penelitian yang sudah dipublikasikan sebelumnya.

Meski tidak jelas diketahui mana yang terbaik, para ahli sepakat diet ideal adalah yang tinggi sayuran, tinggi makanan utuh yang minim prosesnya, rendah daging olahan, ditambah gula dan karbohidrat.

"Meski diet tergantung individunya, namun pola makan yang mencakup semua komponen harus diperhatikan," kata Christopher Gardner, direktur Studi Gizi di Stanford Prevention Research Center kepada Live Science, Senin (12/11/2018).

Para panelis membahas tiga jenis diet yang banyak pengikutnya, yakni diet vegan, Mediterania, dan keto. Selain membahas pola dietnya, mereka juga mengulas pengaruh diet tersebut terhadap kesehatan jantung.