Kompas.com - 06/11/2018, 19:34 WIB
Oumuamua adalah asteroid antarbintang pertama yang mengunjungi Tata Surya. Benda unik ini ditemukan pada 18 Oktober 2017 oleh teleskop Pan-STARRS 1 di Hawai. Observasi selanjutnya dari Teleskop Very Large ESO di Cile dan observatorium lainnya di seluruh dunia menunjukkan bahwa dia melakukan perjalanan melalui ruang angkasa selama jutaan tahun sebelum bertemu dengan Tata Suya kita. Oumuamua merupakan benda metalik atau berbatu merah tua yang panjangnya mencapai 400 meter, dan tidak seperti apa yang biasanya ditemukan di Tata Surya. Oumuamua adalah asteroid antarbintang pertama yang mengunjungi Tata Surya. Benda unik ini ditemukan pada 18 Oktober 2017 oleh teleskop Pan-STARRS 1 di Hawai. Observasi selanjutnya dari Teleskop Very Large ESO di Cile dan observatorium lainnya di seluruh dunia menunjukkan bahwa dia melakukan perjalanan melalui ruang angkasa selama jutaan tahun sebelum bertemu dengan Tata Suya kita. Oumuamua merupakan benda metalik atau berbatu merah tua yang panjangnya mencapai 400 meter, dan tidak seperti apa yang biasanya ditemukan di Tata Surya.

KOMPAS.com — Masih ingat dengan asteroid misterius Oumuamua yang melintasi Bumi pada September tahun lalu? Para peneliti dunia terus mencari tahu dan mempelajari tentang batuan luar angkasa tersebut.

Kini, dalam sebuah laporan terbaru, peneliti Harvard menyebut bahwa asteroid misterius tersebut bisa jadi adalah pesawat antariksa alien yang berlayar melewati Bumi menggunakan cahaya.

Ketika Oumuamua melintas di dekat planet kita, para ilmuwan cukup kaget karena benda ini merupakan obyek pertama yang diketahui berasal dari tata surya lain.

Sayangnya, batu ini melesat cukup cepat keluar dari tata surya kita. Ini membuat para peneliti hanya bisa mengamatinya sebentar.

Dalan waktu singkat itu, para astronom mengetahui bahwa benda itu bergerak dengan cara yang aneh. Ia berputar dengan cepat ketika terbang melalui tata surya kita.