Astronom Ungkap Rumah Asal Komet Alien Oumuamua

Kompas.com - 28/09/2018, 17:35 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com — Pada tahun lalu, tata surya kita kedatangan pengunjung antarbintang pertamanya. Komet alien yang diberi nama Oumuamua tersebut memiliki banyak karakteristik yang aneh.

Pertama adalah bentuknya yang memanjang seperti cerutu sehingga sempat dikira pesawat alien. Lalu, Oumuamua juga bergerak dengan sangat cepat, dan bahkan bertambah cepat ketika menjauhi Matahari.

Kini, setidaknya salah satu misteri Oumuamua sudah mulai terungkap.

Para astronom dari Max Planck Institute for Astronomy di Jerman telah berhasil mempersempit jumlah kandidat rumah asal Oumuamua menjadi empat saja.

Baca juga: Bukan Asteroid, Oumuamua Ternyata Sebuah Komet

Untuk menemukan keempatnya, para astronom menganalisis data dari satelit Gaia milik Badan Astronomi Eropa (ESA). Mereka merunut perjalanan Oumuamua dari posisi terakhirnya yang diketahui ke posisi asalnya, termasuk perlintasannya ketika melewati bintang-bintang dan planet.

“Gaia adalah mesin waktu yang sangat kuat untuk studi semacam ini, karena ia tidak hanya menyediakan posisi bintang, tetapi juga gerakan mereka,” kata Timo Prusti, peneliti proyek Gaia di ESA.

Menurut para astronom, bintang asal Oumuamua memiliki setidaknya dua ciri. Pertama, orbit Oumuamua pernah melewati atau sangat dekat dengannya. Kedua, kecepatan relatif Oumuamua dengan bintang asalnya lambat karena obyek biasanya tidak dikeluarkan dari sistem asalnya pada kecepatan tinggi.

Dari kedua ciri tersebut, para astronom mempersempit kandidat mereka menjadi empat bintang kerdil.