Kompas.com - 04/11/2018, 10:42 WIB
Pameran lukisan 25 tahun Accor Hotel Indonesia, Pullman Thamrin, Jakarta. KOMPAS.com/KAHFI DIRGA CAHYAPameran lukisan 25 tahun Accor Hotel Indonesia, Pullman Thamrin, Jakarta.

KOMPAS.com — Beberapa studi telah membuktikan bahwa seni baik untuk kesehatan manusia. Tak hanya kesehatan mental, tapi juga kesehatan fisik.

Berangkat dari hal itu, dokter-dokter di Kanada akan segera meresepkan seni untuk membantu kesembuhan pasien.

Pasien akan diberi akses masuk gratis ke museum lokal, Museum Seni Rupa Montreal (MMFA). Dengan melihat karya seni rupa, dokter-dokter di Kanada percaya hal tersebut akan memanjakan mata pasien dan membantu kesembuhan mereka.

Dilansir Science Alert, Sabtu (3/11/2018), terobosan menggunakan karya seni sebagai pengobatan non-konvensional adalah yang pertama dilakukan di dunia.

Baca juga: Pertama di Dunia, Lukisan Buatan AI Terjual Rp 6,6 Miliar

Tentu saja, resep seni tak akan menggantikan pengobatan konvensional. "Resep" seni bertujuan untuk membantu perawatan pasien lebih baik lagi.

Resep seni merupakan program yang dibuat Asosiasi Dokter Francophone di Kanada (MFdC). Mereka akan memberikan puluhan resep seni bagi pasien yang memiliki berbagai macam penyakit fisik maupun gangguan mental.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Satu "resep" seni dapat digunakan untuk dua orang dewasa dan dua anak di bawah umur secara gratis.

"Menawarkan tiket masuk gratis ke tempat yang aman dan ramah akan memberi (pasien) pengalaman santai, revitalisasi, waktu istirahat, dan kesempatan untuk memperkuat hubungan dengan orang yang dicintai. MMFA-MFdC telah berkontribusi pada pemulihan kesehatan pasien," ujar MMFA dalam siaran resminya.

Kegiatan ini mungkin terlihat seperti upaya promosi agar museum dikunjungi banyak orang. Namun, ada banyak bukti yang mengatakan bahwa seni visual terutama lukisan alam dapat memberi efek positif pada kesehatan.

Dalam beberapa kasus, manfaat dari menikmati karya seni sama seperti melakukan akivitas fisik.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.