Kompas.com - 28/09/2018, 10:18 WIB

KOMPAS.com - Para ilmuwan berpikir bahwa mereka telah menemukan kandidat baru dinosaurus terbesar di dunia dari periode Jurassic.

Dalam laporan di jurnal Current Biology, para peneliti menyebut dinosaurus yang diperkirakan memiliki bobot 13 ton dan hidup sekitar 195 hingga 200 juta tahun lalu.

Fosil dinosaurus tersebut ditemukan di Afrika Selatan oleh sebuah tim internasional yang dipimpin oleh peneliti dari University of the Witwatersrand pada 2012.

Berdasar tempat temuannya, dinosaurus besar ini diberi nama Ledumahadi mafube yang berarti guntur raksasa saat fajar dalam bahasa resmi Afrika Selatan, Sesotho.

Analisis fosil mengungkap bahwa makhluk itu adalah kerabat dari sauropoda yang lebih awal. Dengan kata lain, hewan besar ini berkerabat dengan brontosaurus.

Hasil analisis tersebut juga menyebut bahwa dinoasurus tersebut berjalan dengan empat kaki dan merupakan herbivora atau pemakan tumbuhan.

Namun, dibandingkan dengan kerabatnya, Brontosaurus, L.mafube memiliki lengan depan yang lebih pendek dan lebih tebal. Para peneliti percaya hal ini berguna untuk menopang berat badan makhluk raksasa itu.

"Hal pertama yang mengejutkan saya tentang hewan ini adalah kekuatan tulang ekstremitas yang luar biasa," ungkap Blair McPhee, penulis utama studi ini dikutip dari Cnet, Kamis (27/09/2018).

Baca juga: Seukuran Dinosaurus, Inilah Burung Terbesar di Dunia

"Ukurannya hampir sama dengan dinosaurus sauropoda raksasa, tapi jika lengan dan kaki hewan lain biasanya cukup ramping, milik L.mafube sangat tebal," imbuhnya.

Bagi para paleontolog, fosil ini menjadi temuan penting dan tidak terduga.

Halaman:
Sumber CNET,Newsweek


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.