Sejak Kapan Dinosaurus Jadi Besar? Fosil Raksasa Pertama Menjawab

Kompas.com - 14/07/2018, 21:08 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com – Tahukah Anda bahwa dinosaurus tidak selalu raksasa. Mereka, termasuk sauropodomorpha yang merupakan hewan darat terbesar dalam sejarah, awalnya bertubuh kecil. Menurut teori yang ada sebelumnya, dinosaurus tiba-tiba menjadi besar pada periode Jura.

Akan tetapi, fosil yang baru-baru ini ditemukan di situs Balde de Leyes, provinsi San Juan, Argentina membantah teori itu. Fosil dinosaurus besar tersebut berasal dari periode Trias akhir, yang berarti dinosaurus menjadi raksasa lebih awal dari dugaan sebelumnya.

Salah satu anggota tim peneliti, Cecilia Apaldetti dari National University of San Juan di Argentina, mengatakan, begitu kami menemukannya, kami tahu ini sesuatu yang berbeda.

“Kita menemukan sebuah bentuk, raksasa pertama di antara semua dinosaurus. Itu adalah sebuah kejutan,” ujarnya.