Naga Lingwu, Spesies Dinosaurus Baru Sepanjang 15,5 Meter dari China

Kompas.com - 25/07/2018, 19:34 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

Sumber Newsweek

KOMPAS.com - Setelah beberapa waktu lalu terungkap adanya spesies dinosaurus baru dengan kepala berduri, kini ahli paleontologi mengumumkan temuan spesies dinosaurus baru dengan tubuh sangat panjang di China.

Dalam laporan yang terbit di jurnal Nature Communications, Selasa (24/7/2018), tim penelitian yang dipimpin Xing Xu dari Institute of Vertebrate Paleontology & Paleoanthropology di Chinese Academy of Sciences, Beijing, menemukan spesies raksasa ini di lereng bukit dekat Ciyaopu, kota Lingwu, wilayah Ningxia, China.

Menurut prediksi Xu dan timnya, dinosaurus yang dinamai Lingwolung shenqi (Naga Menakjubkan Lingwu) memiliki tubuh sepanjang 15,5 meter termasuk ekor yang menyerupai cambuk. Mereka memprediksi spesies ini hidup 174 tahun yang lalu di periode Jurasik Tengah.

Baca juga: Dinosaurus Jenis Baru Ditemukan di Utah, Kepalanya Runcing Mirip Duri

Xu menceritakan, temuan L. shenqi berawal pada 2004 saat dua orang anggota pemerintahan, Yang Huozhu dan Liu Hongan, mendapat kiriman beberapa potongan fosil dari seorang petani bernama Ma Yun.

Ma Yun mengaku mendapatkannya di lereng bukit saat sedang menggembalakan ternaknya.

"Yang dan Liu membawa potongan fosil itu ke kantor saya pada musim semi 2005, dan saya sadar ini adalah temuan baru. Sebab, tidak pernah ada fosil dinosaurus yang ditemukan di Ningxia," ujar Xu.

"Saya kemudian megirim tim ke situs itu dan mereka menemukan sesuatu yang berhubungan dengan fosil itu. Selanjutnya kami melakukan empat ekspedisi, yang berhasil menemukan delapan sampai 10 potongan," jelas Xu.

Tidak jelas apa yang menimpa L. shenqi di masa lalu. Xu menduga, spesies raksasa ini ditabrak sekumpulan "naga" yang menggiringnya ke area itu.