Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Naga Lingwu, Spesies Dinosaurus Baru Sepanjang 15,5 Meter dari China

Kompas.com - 25/07/2018, 19:34 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

Sumber Newsweek


KOMPAS.com - Setelah beberapa waktu lalu terungkap adanya spesies dinosaurus baru dengan kepala berduri, kini ahli paleontologi mengumumkan temuan spesies dinosaurus baru dengan tubuh sangat panjang di China.

Dalam laporan yang terbit di jurnal Nature Communications, Selasa (24/7/2018), tim penelitian yang dipimpin Xing Xu dari Institute of Vertebrate Paleontology & Paleoanthropology di Chinese Academy of Sciences, Beijing, menemukan spesies raksasa ini di lereng bukit dekat Ciyaopu, kota Lingwu, wilayah Ningxia, China.

Menurut prediksi Xu dan timnya, dinosaurus yang dinamai Lingwolung shenqi (Naga Menakjubkan Lingwu) memiliki tubuh sepanjang 15,5 meter termasuk ekor yang menyerupai cambuk. Mereka memprediksi spesies ini hidup 174 tahun yang lalu di periode Jurasik Tengah.

Baca juga: Dinosaurus Jenis Baru Ditemukan di Utah, Kepalanya Runcing Mirip Duri

Xu menceritakan, temuan L. shenqi berawal pada 2004 saat dua orang anggota pemerintahan, Yang Huozhu dan Liu Hongan, mendapat kiriman beberapa potongan fosil dari seorang petani bernama Ma Yun.

Ma Yun mengaku mendapatkannya di lereng bukit saat sedang menggembalakan ternaknya.

"Yang dan Liu membawa potongan fosil itu ke kantor saya pada musim semi 2005, dan saya sadar ini adalah temuan baru. Sebab, tidak pernah ada fosil dinosaurus yang ditemukan di Ningxia," ujar Xu.

"Saya kemudian megirim tim ke situs itu dan mereka menemukan sesuatu yang berhubungan dengan fosil itu. Selanjutnya kami melakukan empat ekspedisi, yang berhasil menemukan delapan sampai 10 potongan," jelas Xu.

Tidak jelas apa yang menimpa L. shenqi di masa lalu. Xu menduga, spesies raksasa ini ditabrak sekumpulan "naga" yang menggiringnya ke area itu.

Baca juga: Sejak Kapan Dinosaurus Jadi Besar? Fosil Raksasa Pertama Menjawab

Menurut analisis tim Xu, L. shenqi termasuk dalam keluarga diplodocoid, yang merupakan bagian dari kelompok dinausaurus yang dikenal sebagai sauropoda atau dinosaurus herbivora yang mencakup beberapa hewan darat terbesar yang pernah hidup.

Kelompok sauropoda terkenal dengan leher panjang, ekor panjang, kepala kecil, dan kaki sangat kuat.
 
Bagi para ahli, temuan L. shenqi memberi wawasan baru terkait asal usul dan penyebaran diplocoid dan sauropoda pada umumnya.

"Ada teori, dinosaurus diplocoid dan beberapa keturunan sauropoda berevolusi setelah Asia Timur terpisah dari Pangea yang superkontien. Akibat fenomena itu, kelompok sauropoda termasuk diplocoid menjaduh dari Asia. Itulah sebabnya kelompok dinosaurus ini tidak tercatat dalam fosil Jurassic Asia," jelas Xu.

Bila ahli memprediksi umur L. shenqi 174 tahun, artinya ia adalah dinosaurus tertua dari kelompok sauropoda yang muncul puluhan juta tahun lebih awal. Selain itu, secara anatomi tubuhnya pun berbeda dengan kelompok sauropoda yang dikenal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Newsweek
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com