Kali Pertama, Ilmuwan Temukan Plastik dalam Tubuh Ubur-ubur

Kompas.com - 24/09/2018, 17:00 WIB
Ubur-ubur menelan plastik bungkus rokok Ubur-ubur menelan plastik bungkus rokok

KOMPAS.com - Jika dilihat sekilas, ubur-ubur terlihat seperti plastik bening yang mengapung di lautan. Tapi apa jadinya jika benar-benar ada plastik dalam tubuh hewan tersebut?

Laporan dalam jurnal Scientific Reports mendokumentasikan plastik pertama dalam tubuh ubur-ubur.

Ubur-ubur yang ditemukan di Laut Mediterania ini merupakan jenis dari Pelagia Noctiluca. Jika melihat dengan saksama, Anda bisa membaca kata "Philip Morris International", nama sebuah perusahaan tembakau yang biasanya sebagai pita bungkus rokok.

Sebenarnya, para peneliti menemukan hal ini pada 2016 lalu ketika berpartisipasi dalam Ekspedisi Aqualitis, penelitian tiga tahun untuk menjelajah lautan dunia.

Dalam penelitian itu, mereka menemui beberapa ubur-ubur penyengat dengan berbagai jenis sampah plastik terperangkap di bawah tudung mereka. Bahkan, beberapa telah memasuki tubuh ubur-ubur itu.

Dari 20 ubur-ubur yang terjaring, empat di antaranya mempunyai plastik dalam sistem pencernaan mereka.

Ini membuat para ilmuwan menyakini bahwa ubur-ubur itu salah mengira plastik sebagai makanan.

"Mereka benar-benar jatuh cinta dengan plastik, sepertinya," ungkap Armando Macali, salah satu peneliti dikutip dari National Geographic, Jumat (21/09/2018).

Ahli ekologi dari Tuscia University itu juga mengatakan, mereka yakin bahwa ubur-ubur lainnya berpegang pada plastik karena hendak memakannya.

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa biasanya hewan laut tak sengaja memakan plastik karena menyerupai mangsa mereka, yaitu ubur-ubur.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X