Kompas.com - 02/09/2018, 12:32 WIB
Ilustrasi stroke vadimguzhvaIlustrasi stroke


BAUBAU, KOMPAS.COM – Penyakit stroke merupakan salah satu penyakit yang berisiko mengancam nyawa. Sebelum penyakit ini menyerang kita atau kerabat terdekat, ada baiknya kita mengenali gejalanya agar dapat terhindar dari risiko kematian.

Menurut dr. Alsyahrin Manggala Putra Syarif, Kepala Emergency RS Siloam Buton, Sulawesi Tenggara, ketika seseorang menunjukkan gejala awal Transient Ischaemic Attack (TIA) atau stroke ringan, sebaiknya segera mendapat perawatan untuk menghindari risiko cacat hingga kematian.

Stroke ringan biasanya ditandai dengan senyum mencong, gerakan kaki dan tangan lemah atau lumpuh, suara pelo (cadel) atau kesulitan berbicara, rasa kebas atau lemas seisi tubuh dan sekitar mulut, penglihatan ganda tiba-tiba pada sebelah mata, keseimbangan terganggu, kesadaran menurun, muntah, dan sakit kepala.

Baca juga: Para Ibu, Menyusui Bisa Turunkan Risiko Stroke di Usia Senja

"Nah, apabila terdapat gejala tersebut dan sudah terakumulasi, kami harap agar anggota keluarga segera menghubungi layanan call centre kami, karena setiap detik sangat berharga untuk saraf," ujar Alsyahrin dijumpai Sabtu (1/9/2018).

Dokter Spesialis Saraf Siloam Hospital Buton, dr La Ode Muh Fatahillah menambahkan, penyakit stroke sebenarnya tidak hanya menyerang usia lanjut. Mereka yang usianya masih muda dan memiliki pola hidup tidak sehat juga rentan mengidap penyakit ini.

Gaya hidup tidak sehat dan tidak teratur yang dimaksud Fatahillah antara lain kebiasaan merokok, begadang, minum minuman alkohol, dan tidak pernah berolahraga.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Pencegahan penyakit (stroke) dapat dilakukan dengan (menjalani) pola hidup sehat seperti mengkonsumsi makanan sehat dan seimbang, rutin berolahraga atau melakukan aktivitas fisik, kurangi konsumsi daging merah, rutin mengecek tekanan darah, gula darah, dan asam urat," jelasnya.

Baca juga: Tak Hanya Orang Tua, Stroke Juga Bisa Menyerang Janin

Untuk menghindari serangan stroke, sebaiknya selalu rutin menjaga hidup sehat dengan sering berolahraga dan melakukan medical check up ke rumah sakit atau puskesmas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.