Tak Hanya Orang Tua, Stroke Juga Bisa Menyerang Janin

Kompas.com - 26/07/2018, 11:33 WIB
Emma Banks, salah satu anak yang mengalami stroke sejak janin Emma Banks, salah satu anak yang mengalami stroke sejak janin

KOMPAS.com - Ternyata bukan hanya orang dewasa saja yang bisa terserang stroke. Anak-anak dan bayi juga bisa terserang kondisi kronis tersebut, bahkan sejak di dalam kandungan.

Yayasan Stroke di Australia memperkirakan setiap tahun ada sekitar 300 anak dan bayi terkena stroke di Australia.

Meski demikian, menurut Jude Czerenkowski dari Yayasan Stroke, hingga kini belum banyak informasi yang dapat diakses oleh orang tua dan keluarga mengenai kondisi tersebut.

Menurutnya, pedoman klinis baru untuk stroke pada masa kanak-kanak baru-baru ini memang telah dirilis. Tapi masih ada kesenjangan besar dalam memahami kondisi tersebut.

"Untuk penelitian, gambarnya benar-benar masih sangat buruk," katanya.

"Dan kita pasti membutuhkan lebih banyak penelitian tentang stroke di masa kanak-kanak sebagai masalah yang mendesak, langsung mulai dari pencegahan, pengobatan, dan pemulihan," sambung Czerenkowski.

Kisah Nyata

Kondisi ini dirasakan sendiri oleh Dee Banks, warga New South Wales ini mengaku sudah menaruh curiga ada yang tidak beres dengan puterinya Emma yang tampak lebih banyak mengandalkan satu sisi tubuhnya.

Dan kecurigaannya terjawab ketika pada usia sekitar 10 bulan puterinya didiagnosis terkena stroke sejak dalam kandungan.

"Saya kira hal pertama yang anda lakukan, bahkan ketika orang terkena pilek atau semacamnya, adalah mencari tahu diagnosis itu di mesin pencari Google," katanya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X