Kompas.com - 24/08/2018, 20:02 WIB
Paus sirip sepanjang 17 meter yang mati terdampar di pantai Massachusetts bantu ilmuwan ungkap kehidupan populasinya yang jarang diketahui. Paus sirip sepanjang 17 meter yang mati terdampar di pantai Massachusetts bantu ilmuwan ungkap kehidupan populasinya yang jarang diketahui.


KOMPAS.com - Senin (20/8/2018), Departemen Kepolisian Duxbury melalui unggahan Twitter menghimbau agar masyarakat tidak mengunjungi pantai Duxbury, Massachusetts, negara bagian AS untuk sementara waktu karena ditemukan paus sirip sepanjang 17 meter terdampar di kawasan tersebut.

Ahli biologi laut New England Aquarium segera melakukan pemeriksaan nekropsi atau pembedahan dan mengirimkan sampelnya ke laboratorium seluruh negeri.

Menurut juru bicara New England Aquarium, diperlukan waktu berminggu-minggu atau mungkin berbulan-bulan untuk mengetahui penyebab kematian paus.

Ahli biologi senior dari New England Aquarium Linda Lory menambahkan, paus sirip atau dikenal juga sebagai paus finback (Balaenoptera physalus) merupakan perenang yang cepat dan sukar dipahami.

Baca juga: Mengintip Proses Pengawetan Kerangka Paus di Australia Selatan

"Pergerakannya sangat cepat dan mereka tidak sering naik ke permukaan air seperti kebanyakan paus lain," ujar Lory kepada Live Science, dilansir Kamis (23/8/2018).

Dengan perilaku mereka yang sulit dipahami, Lory menyebut terdamparnya paus sirip di pantai Duxbury, Massachusetts adalah salah satu cara paling mudah untuk mempelajari anatomi dan fisiologi mamalia laut tersebut.

Pemeriksaan sementara

Lory dan timnya langsung menuju ke lokasi pantai pada hari Senin saat pejabat setempat menginformasikan tentang adanya paus raksasa yang terdampar.

Dengan menggunakan peralatan berat dan pisau besar, tim Lory menarik lapisan lemak paus yang tebalnya lebih dari enam sentimeter, sampel otot, dan juga organ di bawahnya. Selain itu mereka juga menyimpan sampel untuk analisis mikroskopis.

"Kami juga menyelidiki perut paus untuk mengetahui makanan yang tidak dicerna," ujar Lory.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.