Kawin Bikin Sistem Imun Ratu Semut Meningkat, Kok Bisa?

Kompas.com - 05/06/2018, 18:34 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

KOMPAS.com - Sudah jamak diketahui bahwa semut punya kasta dalam koloninya. Mulai dari semut pekerja, tentara, drone, dan ratu semut.

Ratu semut banyak dikenal sebagai "ibu" dari semua semut lain dari sebuah koloni. Hal ini terkait dengan fungsi dan peran tunggal ratu semut, yaitu bereproduksi.

Artinya, sepanjang hidupnya, tugas dari sang ratu adalah kawin dan menghasilkan semut-semut lain sebagai pekerja atau tentara.

Namun, siapa sangka proses kawin ini punya manfaat khusus bagi ratu semut, yaitu meningkatkan kekebalan tubuhnya.

Hal ini ditemukan oleh tim peneliti dari Swiss dan Panama dalam sebuah percobaan. Mereka mencoba mengamati kekebalan tubuh dari hewan invertebrata.

Untuk itu, mereka mengamati ratu semut dari dua spesies semut berbeda yang memiliki cukup waktu membangun kekebalan. Kedua spesies tersebut adalah Lasius niger dan Formica selysi.

Kedua spesies tersebut diamati karena ratu semutnya bisa bertahan hidup lebih dari 20 tahun.

Selanjutnya, masing-masing spesies dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu "putri perawan" dan ratu yang pernah kawin dengan drone jantan dan telah menyimpan hasil perkawinan dalam "kantong sperma".

Selanjutnya, para peneliti membudidayakan jamur yang di alam liar bisa membunuh serangga dalam waktu seminggu.

Peneliti kemudian memberi dosis rendah jamur tersebut pada masing-masing ratu. Seminggu kemudian, peneliti memberikan dosis tinggi.