Kompas.com - 09/08/2018, 18:01 WIB


KOMPAS.com - Seorang teknisi software AS Ian Webster, membuat situs web yang memungkinkan pengunjung melihat rupa Bumi sejak 750 tahun lalu hingga masa ini.

Peta 3D yang dibuat Ian menunjukkan konfigurasi kuno, termasuk lautan, benua, gunung, dataran rendah, laut dangkal, rak kontinental, dan perairan dalam, yang kemudian berubah seiring waktu karena gerakan lempeng tektonik atau lembaran material luas yang membentuk kerak Bumi.

Di bagian atas situs tersebut, Ian memberi pertanyaan "Seperti apa Bumi ... tahun lalu?". Titik-titik tersebut bisa dipilih berdasarkan rentan waktu mulai dari 750 juta tahun lalu sampai 20 juta tahun lalu.

Selain kolom untuk mendeteksi rentan waktu, Ian pun memberi kolom yang memuat lokasi. Saat kita memilih lokasi dan rentan waktu yang ingin dilihat, maka peta 3D akan berubah bentuk.

Baca juga: Ahli Temukan Meteorit Bertabur Kristal yang Lebih Tua dari Bumi

Misalnya saja, kita ingin melihat Indonesia 750 tahun lalu, maka kita ketikkan kata "Indonesia" di bagian alamat dan 750 tahun di bagian rentan waktu.

Secara otomatis, peta 3D itu akan menunjukkan lokasi Indonesia dengan titik berwarna merah muda. Bisa dilihat, titik itu berada di tengah permukaan berwarna biru yang menandakan laut.

Untuk menjelaskan apa yang terjadi di setiap periode, Ian memberi keterangan singkat di bagian bawah peta.

Saat pengunjung memilih 750 tahun lalu, maka akan muncul kererangan saat itu merupakan periode Cryogenian.

"Gletser mungkin menutupi seluruh planet selama zaman es terbesar yang dikenal di Bumi. Berbagai jenis organisme bersel satu seperti ganggang hijau muncul untuk pertama kalinya," tulis keterangan dalam situs tersebut.

Setiap periode waktu yang kita pilih akan diberi keterangan singkat dan jelas.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Newsweek
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.