Kompas.com - 07/08/2018, 12:25 WIB
Batuan luar angkasa yang dijuluki NWA 11119, diprediksi berusia 4,6 miliar tahun. Artinya, meteorit ini sudah ada sebelum tata surya terbentuk. Batuan luar angkasa yang dijuluki NWA 11119, diprediksi berusia 4,6 miliar tahun. Artinya, meteorit ini sudah ada sebelum tata surya terbentuk.

KOMPAS.com - Para ahli menemukan batu luar angkasa seukuran bola bisbol yang bertabur kristal berwarna hijau. Meteorit seperti ini belum pernah ditemukan sebelumnya dan menjadi kunci untuk membuka teka teki pembentukan tata surya.

Dalam laporan yang terbit di jurnal Nature Communications, Kamis (2/8/2018), meteorit ini diprediksi berusia sekitar 4,6 miliar tahun dan menjadi meteroit beku tertua yang pernah ditemukan.

Ini artinya, usia meteorit hijau itu jauh lebih tua dari pembentukan tata surya kita. Menurut catatan, tata surya terbentuk sekitar 4,5 miliar tahun lalu, saat terjadi ledakan dahsyat supernova yang memnyebabkan awan debu dan gas kosmik raksasa bersatu.

Dengan usia meteorit hijau yang lebih tua, ahli yakin dapat mengungkap sesuatu yang baru dari rahasia pembentukan tata surya.