Kompas.com - 18/07/2018, 17:00 WIB

KOMPAS.com - Dari semua spesies di kingdom animalia, manusia telah berevolusi di bagian tangan dengan sangat luar biasa. Evolusi ini memungkinkan manusia melakukan sesuatu yang berbeda daripada sepupu kita di keluarga primata yang lain.

Dibandingkan dengan tangan primata, manusia memiliki jempol yang lebih panjang dan lebih berotot, jari lebih pendek, dan pergelangan tangan lebih lentur.

Selain itu, tangan manusia juga memiliki permukaan tulang sendi lebih besar serta fitur terkait dengan telapak tangan yang lebih stabil.

Kekuatan genggaman kita mungkin lebih rendah dari kera dan simpanse, tetapi ketangkasan kita melampaui mereka.

Dirangkum dari Science Daily, Rabu (11/07/2018), hal ini menurut para peneliti merupakan hasil dari penggunaan alat, senjata ,serta benda yang berkontribusi pada evolusi tangan manusia.

Baca juga: Studi Ungkap Arti Variasi Bentuk Puting Perempuan bagi Evolusi Manusia

Namun, kini antropolog dari University of Kent, Inggris berpikir jika evolusi tangan manusia tidak hanya terpengaruh pada hal di atas.

Mereka menemukan jika ada aktivitas manusia yang terabaikan namun berpengaruh pada bentuk tangan kita sekarang kini.

Aktivitas yang termasuk didalamnya adalah membuka tulang-tulang untuk mendapatkan sumsum, yang kaya lemak dan padat kalori di dalamnya, meremukkan kacang, memotong daging yang semuanya dilakukan oleh manusia purba.

"Perilaku ini semuanya melibatkan materi yang berbeda, tujuan akhir yang berbeda, dan pola kekuatan serta gerakan yang berbeda untuk lengan bagian atas," tulis peneliti dalam makalah mereka dikutip dari Science Alert, Kamis (12/07/2018).

"Oleh karena itu, tidak mungkin bahwa setiap perilaku memberikan pengaruh yang sama pada evolusi tangan manusia modern," tegas mereka.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.