Studi Ungkap Arti Variasi Bentuk Puting Perempuan bagi Evolusi Manusia

Kompas.com - 28/06/2018, 21:05 WIB
Michael Hangga Wismabrata,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bentuk puting pada perempuan ternyata lebih bervariasi daripada puting laki-laki. Apakah ini terkait langsung dengan kualitas evolusi biologis manusia?

Pada tahun 2008, para ahli biologi evolusioner mengungkapkan, bentuk puting perempuan yang bervariasi justru menunjukkan kelemahan fungsionalnya dalam proses seleksi evolusi.

Hal tersebut dibantah dalam penelitian terbaru oleh Ashleigh Kelly dari Universitas Queensland di Australia yang terbit dalam Jurnal Adaptive Human Behavior and Physiology .

Dia melakukan penelitian terhadap 63 mahasiswa di Australia dengan asumsi bahwa puting laki-laki merupakan prototipe dari puting perempuan yang tidak fungsional.

Area puting para partisipan dipindai dan diukur. Selain itu, para peneliti juga mengukur tinggi badan dan lingkar dada dari peserta penelitian.

Baca Juga: Payudara Wanita, Teka-teki Evolusi hingga Kanker yang Mematikan

Hasilnya, bentuk dan ukuran di wilayah pribadi perempuan in lebih bervariasi, meskipun sudah memperhitungkan faktor indeks massa tubuh peserta, suhu ruangan dan pengaruh lokasi tes, serta perbedaan dalam ukuran payudara perempuan dengan ukuran dada laki-laki.

"Kami menemukan bahwa puting perempuan secara signifikan lebih bervariasi daripada puting laki-laki," kata Kelly, dikutip dari Sciencedaily, Selasa (26/6/2018).

Ukuran puting laki-laki juga ditemukan hanya sekitar 36 persen dibandingkan milik kaum hawa.

Dilansir dari Newsweek, Rabu (27/6/2018), Kelly mengatakan, puting perempuan berfungsi untuk menyusui. Oleh karena itu, temuan ini membantah studi sebelumnya yang mengatakan, organ yang memiliki banyak variasi menunjukkan kekurangan dalam segi fungsionalitasnya.