Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menurut Sains, Orangtua Bisa Lakukan Ini agar Bayi Tidur Nyenyak

Kompas.com - 13/07/2018, 11:30 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

Sumber BBC


KOMPAS.com - Saran resmi dari berbagai organisasi kesehatan, misalnya Layanan Kesehatan Nasional (NHS) Inggris dan American Academy of Pediatrics, makanan baru bisa diberikan kepada bayi saat usia enam bulan.

Namun, para ahli mengungkap, makanan pendamping ASI sudah dapat diberikan saat bayi berusia tiga bulan.

Hal tersebut disampaikan para ahli dalam jurnal JAMA Pediatrics, yang terbit Senin (9/7/2018). Mereka menjabarkan, memberi makanan sebelum bayi berusia enam bulan akan bermanfaat untuk ibu dan bayi.

Salah satunya, bayi tidur lebih nyenyak dan kualitas hidup ibu membaik.

Baca juga: Kenangan Saat Masih Bayi Ternyata Tidak Hilang, Tetapi...

Dilansir BBC News, Selasa (10/7/2018), penelitian yang dilakukan oleh King's College, London dan St George's, University of London melibatkan 1.303 bayi berusia tiga bulan yang dibagi menjadi dua kelompok.

Kelompok pertama, hanya diberi ASI sampai usia enam bulan. Kelompok kedua, sudah diberi makanan pendamping ASI saat berusia tiga bulan.

Orangtua dari para bayi kemudian diminta untuk mengisi kuesioner online setiap bulan sampai bayi mereka berusia satu tahun, dan kuesioner tiga bulan sampai bayi mereka berusia tiga tahun.

Dari hasil survei yang dilakukan, bayi pada kelompok kedua (diberi makanan pendamping dan ASI lebih awal) menunjukkan beberapa kelebihan.

Para bayi punya jam tidur lebih lama, terbangun lebih jarang, dan memiliki masalah tidur yang lebih sedikit dibanding kelompok pertama.

Ahli menyebut, sebenarnya perbedaan antara kelompok pertama dan kelompok kedua tidak terlalu besar. Namun, dampak kecil ini memberi manfaat besar bagi orangtua.

Disebutkan, kelompok kedua memiliki jam tidur 16 menit lebih lama dari kelompok pertama. Meski tak terlalu lama, namun orangtua bisa mendapatkan dua jam tidur tambahan per minggunya.

"Perlu diingat, kualitas tidur bayi secara langsung memengaruhi kualitus hidup orangtuanya, bahkan peningkatan kecil dapat memberi manfaat besar," kata co-author penelitian Dr Michael Perkin dari St George, University of London.

Saat bayi tidur nyenyak, secara signifikan masalah tidur seperti sering menangis dan mudah marah juga berkurang. Hal ini tentu saja akan membantu para orangtua dapat kembali tidur dengan tenang, tanpa begadang.

Baca juga: Terpapar Asap Rokok Saat Hamil Berpotensi Ganggu Pendengaran Bayi

Pedoman masih dikaji

NHS dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) masih menyarankan orangtua untuk memberi makanan pendamping bada bayi saat berusia sekitar enam bulan.

Halaman:
Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com