Analisis Genom Ungkap Kenapa Koala Bisa Makan Daun Beracun Ekaliptus

Kompas.com - 07/07/2018, 21:04 WIB

KOMPAS.com - Siapa sangka dibalik wajah menggemaskannya koala sebenarnya adalah hewan kecil yang sangat aneh.

Mereka tidur sepanjang hari, makan kotoran induknya ketika bayi, dan mungkin yang paling menakjubkan adalah mamalia berkantung ini hidup dengan memakan daun ekaliptus.

Padahal, seperti yang telah lama diketahui, daun ekaliptus yang merupakan daun beracun serta berbahaya.

Hal inilah yang tentunya menarik sekaligus menjadi misteri yang belum terpecahkan di dunia sains.

Hingga akhirnya sebuah tim peneliti yang dipimpin oleh Rebecca Johnson, ahli genetika konservasi di Museum Australia di Sydney berhasil menjawab teka-teka tersebut.

Untuk menjawab teka-teki itu, mereka mengurutkan genom koala dan menemukan petunjuk bagaimana hewan tersebut bertahan hidup dengan memakan daun ekaliptus.

Selain itu, tim peneliti juga mengamati bagaimana koala bisa mengendus daun beracun itu.

"Cara terbaik untuk menjawab persoalan itu adalah dengan mengurutkan genom hewan. Itulah informasi terbaik yang bisa diperoleh ketika ingin melacak dan memahami keragaman genetik suatu spesies," ungkap Johnson dikutip dari National Geographic, Senin (02/07/2018).

Kode Genetik

Apa yang ditemukan tim peneliti ini memang cukup mengejutkan.

Bagian dari genom koala yang merupakan kode detoksifikasi protein ternyata sekitar dua kali lebih besar dari daripada mamalia lain.