Kerangka Ini Ungkap Praktik Perbudakan Keji Bangsa Romawi di Inggris

Kompas.com - 21/06/2018, 12:28 WIB
Dua kerangka mutilasi di Inggris Dua kerangka mutilasi di Inggris

KOMPAS.com - Para arkeolog menemukan kuburan kuno yang berisi dua kerangka manusia tanpa kaki utuh dan kepala remuk. Kerangka tersebut diduga berasal dari abad ke-5.

Kondisinya sangat memprihatinkan. Kedua kaki kerangka dipotong tepat di bagian lutut dan potongannya diletakan di samping tubuh.

"Seseorang sungguh tidak menyukai orang-orang ini," kata Jonathan House, seorang arkeolog dari Mola Headland Infrastructure, kepada The Guardian via Science Alert, Selasa (19/6/2018).

Kedua kerangka ini ditemukan di sebuah proyek perbaikan jalan A14 yang menghubungkan Kota Cambridge dan Huntington, Inggris, tepatnya di sebuah parit yang digunakan untuk menimbun sampah.

Baca Juga: Kuburan Kuno Terbuka, Isinya 10 Kerangka Manusia yang Membentuk Spiral

Ini adalah temuan terbaru dalam daftar panjang penggalian selama proyek perbaikan jalan itu berlangsung.

Hingga saat ini, kedua kerangka tersebut belum diteliti para ahli secara mendetail. Namun, dugaan sementara, kerangka tersebut berasal dari era Romawi atau periode awal Anglo Saxon, sekitar abad ke-5.

Saat ditemukan, posisi keduanya seperti membentuk huruf T dan posisi kepala saling berjauhan.

Tulang tengkorak pada kedua kerangka rusak parah. Namun, para ahli masih belum memastikan apakah luka itu yang menyebabkan kematian atau didapat setelah mereka meninggal.

Para ahli juga belum mengetahui jenis kelamin dua kerangka tersebut. Namun, para arkeolog mengatakan, kekerasan yang amat sangat kejam telah menimpa keduanya.

"Apakah (amputasi) dilakukan untuk membuat mereka tidak bisa melarikan diri dan terjebak di dalam kuburan," kata Kasia Gdaniec, seorang arkeolog senior di Cambridge County Council.

"Atau apakah mereka mencoba melarikan diri dan tertangkap lalu mendapat hukuman agar menjadi peringatan bagi semua orang, kami belum mengetahuinya" imbuhnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X