Kerangka Wanita Ini Ungkap 2 Kasus Medis Langka di Masa Lalu

Kompas.com - 26/03/2018, 19:02 WIB
Kerangka wanita muda dengan kerangka janin di kedua pahanya. Ia melahirkan setelah meninggal dan sempat melakukan pengeboran di kepala untuk pengobatan. Kerangka wanita muda dengan kerangka janin di kedua pahanya. Ia melahirkan setelah meninggal dan sempat melakukan pengeboran di kepala untuk pengobatan.


KOMPAS.com — Apa yang Anda bayangkan saat melihat kerangka di atas?

Kuburan yang ditemukan di Imola, Bologna, Italia, pada 2010 disebut sebagai kuburan seorang wanita muda dengan janin di antara kedua pahanya.

Ini bukanlah temuan kerangka biasa. Namun, kerangka ini merupakan saksi bisu kekelaman dunia medis di awal abad pertengahan yang sangat mengerikan.

Kini, arkeolog telah berhasil mengungkap apa yang terjadi dengan wanita ini semasa hidupnya dalam laporan yang dipublikasikan di jurnal World Neurosurgery.

Baca juga: Batu Bersusun Cidahu, Arkeolog Pastikan Bukan Peninggalan Zaman Lampau

Analisis awal mengungkap bahwa kuburan ini dibuat pada awal abad pertengahan. Persisnya pada periode Lombard atau sekitar abad ke-7 sampai ke-8 Masehi.

Ada dua hal dari kuburan ini yang mencuri perhatian para peneliti. Pertama, janin di antara kedua paha dan ditemukannya lubang di area tengkorak kepala wanita.

Peneliti dari Universitas Ferrara dan Universitas Bologna memperkirakan wanita ini berusia antara 25 sampai 35 tahun saat meninggal. Sementara berdasarkan panjang tulang paha janinnya, peneliti memperkirakan janin berusia 38 minggu.

Ini menandakan wanita ini meninggal saat hamil tua dan hampir melahirkan.

Salah satu hal aneh dari kerangka tersebut adalah posisi janin yang tidak biasa. Arkeolog berkata, kepala dan badan bayi ada di antara kedua paha ibu sementara kakinya masih berada di dalam rongga pelvis.

Peneliti menduga ibu mengalami kelahiran coffin, yaitu melahirkan setelah meninggal. Fenomena langka ini juga dikenal dengan istilah kelahiran ekstrusi janin postmortem.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X