Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penghormatan bagi Stephen Hawking, Suaranya Dikirim ke Lubang Hitam

Kompas.com - 16/06/2018, 17:06 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com – Badan Antariksa Eropa (ESA) dan keluarga mengirimkan suara Stephen Hawking ke lubang hitam sebagai penghormatan terakhir terhadap fisikawan ternama tersebut.

Hawking yang meninggal pada 14 Maret 2018 memang dikenal dengan karya-karyanya yang memperluas pengetahuan kita mengenai lubang hitam.

Pada 1974, Hawking yang memadukan teori Albert Einstein dan teori kuantum berhasil menunjukkan bahwa lubang hitam tidak diam, tetapi mengeluarkan radiasi dan partikel sebelum akhirnya meledak dan menghilang.

UPDATE: Baca juga: Setelah 2,5 Abad, Gambar Lubang Hitam Pertama Terungkap. Ini Fotonya...

Oleh karena itu, tidak aneh bila keluarga Hawking setuju untuk mengirimkan radiasi yang membawa suara Einstein ke lubang hitam usai pemakamannya.

Baca juga: Makalah Terakhir Multiverse Stephen Hawking Terbit

“Siaran ini akan dikirimkan ke lubang hitam terdekat, 1A 0620-00, yang hidup di sebuah sistem biner yang memiliki bintang kerdil oranye yang biasa saja,” ujar putrinya, Lucy Hawking, seperti dikutip dari The Guardian, Jumat (15/6/2018).

“Isinya adalah pesan mengenai perdamaian dan harapan, mengenai persatuan dan pentingnya untuk hidup bersama dalam keharmonisan di planet ini,” ujarnya lagi.

Suara Hawking juga akan dilatari oleh musik gubahan Vangelis, seorang komposer Yunani yang telah beberapa kali memenangkan penghargaan di Academy Awards.

Lucy Hawking mengatakan, penghormatan musikal ini adalah sikap yang indah dan simbolik. Ia juga menjadi penghubung antara keberadaan ayah kami di planet ini, keinginannya untuk pergi ke luar angkasa, dan penjelajahan alam semesta yang ada di pikirannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com