Kompas.com - 02/06/2018, 19:07 WIB

KOMPAS.com – Masih ingat dengan ALS Ice Bucket Challenge yang pernah populer selama 2014? Kali ini, ada tantangan baru yang sedang viral di kalangan selebritas.

Tantangan bernama #BeatPlasticPollution ini diluncurkan oleh Persatuan Bangsa-bangsa (PBB) dalam rangka Hari Lingkungan Dunia yang akan jatuh pada 5 Juni 2018.

Bertujuan untuk mengurangi konsumsi plastik, #BeatPlasticPollution menantang semua orang untuk berhenti menggunakan satu jenis plastik sekali pakai dan menggantinya dengan alternatif yang lebih ramah lingkungan.

Partisipan kemudian diminta untuk mengambil selfie atau video yang menunjukkan diri mereka memegang alternatif plastik sekali pakai yang mereka gunakan, dan mengunggahnya ke media sosial dengan hashtag #BeatPlasticPollution. Jangan lupa juga untuk mention @UNEnvironment dan tiga teman.

Baca juga: Ribuan Sampah plastik Ada di Titik Terdalam Lautan, Ini Artinya

Sejauh ini, sudah ada banyak selebritas yang terlibat dalam tantangan ini.

Aktris film Star Trek Into Darkness (2013) Alice Eve, misalnya, memutuskan untuk mengganti pemasang tamponnya yang sebelumnya dari plastik menjadi alternatif yang bisa diurai oleh alam (biodegradable).

Eve mengatakan, plastik sangatlah buruk karena tidak bisa hilang. Seekor ikan kecil memakannya, dan ikan yang lebih besar memakan ikan kecil, dan kita memakan ikan besar, kini plastik masuk ke dalam tubuh kita. Pada 2050, akan ada lebih banyak plastik di lautan daripada ikan.

Baca juga: Lindungi Laut, Uni Eropa Akan Larang Penggunaan Plastik Sekali Pakai

Selain Eve, mantan gubernur California dan bintang Terminator Arnold Schwarzenegger juga ikut serta dalam tantangan ini.

Melalui akun resminya di Twitter, Schwarzenegger yang sudah berhenti menggunakan kantung plastik di rumahnya berkomitmen untuk berhenti menggunakan sendok plastik.

Pemeran Draco Malfoy dalam film berseri Harry Potter, Tom Felton, juga tidak mau ketinggalan dan memutuskan untuk hanya menggunakan sedotan kaca atau bambu.

Beranikah Anda melakukan tantangan ini?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.