Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumahnya Tercemar, Angsa Ini Terpaksa Bangun Sarang dari Plastik

Kompas.com - 21/04/2018, 18:05 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

Sumber The Local

KOMPAS.com – Foto di atas mungkin adalah salah satu peringatan paling menyedihkan dari alam bagi manusia minggu ini.

Angsa-angsa di danau Kopenhagen terpaksa bertelur pada sarang dari plastik ketika danau yang menjadi rumah mereka kini tercemar.

Maria Reumert Gjerding, Presiden Danish Society for Nature Conservation, menduga bahwa plastik-plastik yang digunakan oleh angsa dalam foto di atas merupakan sampah yang dibuang oleh pengunjung danau dari jembatan Dronning Louises Bro.

Angsa-angsa di danau tersebut kemudian mengambil sampah-sampah ini untuk membangun sarang yang aman bagi telurnya ketika musim kawin tiba.

Baca juga : Lagi, Paus Sperma Mati Akibat 29 Kilogram Plastik di Perutnya

Hal serupa juga diamati pada musim kawin tahun lalu, dan menjadi perhatian para pakar konservasi.

Diwawancarai oleh media lokal TV2, Gjerding berkata bahwa sampah plastik bisa menyebabkan bahaya besar bagi angsa dan satwa-satwa di sekitar area.

Pasalnya, hewan-hewan ini sering kali salah mengira plastik sebagai materi organik untuk dimakan.

“Masalahnya adalah plastik tidak bisa terdegradasi secara alami. Jika hewan memakannya, mereka berisiko mati. Mereka juga berisiko tersangkut oleh plastik, dan karena plastik sangatlah kuat, hewan-hewan ini bisa mati karenanya,” ujar Gjerding.

Untuk itu, Danish Society for Nature Conservation pun akan mengadakan pengumpulan sampah tahunan pada hari Senin depan (23/4/2018). Pengumpulan sampah ini akan dilakukan selama seminggu penuh bersama 141.000 anak di seluruh Denmark.

Pada tahun lalu, pengumpulan sampah organisasi tersebut berhasil mengangkat 110.000 kaleng dan 155.000 sampah lainnya dari lokasi-lokasi alami di Denmark.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Local
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com