Kompas.com - 25/05/2018, 20:07 WIB

KOMPAS.com - Ratusan juta tahun yang lalu, semua benua yang ada saat ini tergabung menjadi satu benua super raksasa bernama Pangea. Benua ini dikelilingi oleh satu samudra bernama Panthalassa.

Lambat laun, benua super itu terpecah. Kejadian itu, berdasarkan hipotesis pergeseran benua, terjadi sekitar 225-200 juta tahun yang lalu.

Namun, penemuan sebuah fosil berumur 130 juta tahun mampu memberikan pandangan baru mengenai terpecahnya Pangea. Benua super raksasa itu mungkin terpisah lebih lambat daripada yang diperkirakan para ilmuwaan sebelumnya.

Fosil yang ditemukan di timur Utah, Amerika Utara, ini merupakan kelompok mamalia mirip reptil yang sama sekali baru ditemukan di wilayah itu.

Baca juga: Peneliti Inggris Prediksi 7 Benua Akan Jadi Satu Daratan

"Berdasarkan penemuan baru ini kami mengenalinya sebagai kelompok baru dari kerabat mamalia awal," kata Adam Huttenlocker, peneliti dari University of Southern California.

Spesies yang baru ditemukan ini diberi nama Cifelliodon wahkarmoosuch untuk menghormati paleontolog terkenal Richard Cifelli.

Keck School of Medicine of USC/Jorge A. Gonzale Cifelliodon wahkarmoosuch

Menggunakan pemindai resolusi tinggi, para peneliti memperkirakan bahwa makhluk ini beratnya mencapai 1,1 kilogram dan mungkin seukuran kelinci kecil.

Analisis juga mengungkap jika indera penciuman mahluk itu kuat, memiliki rongga mata kecil, serta kurang memiliki pengelihatan yang bagus. Ini menjadi indikasi bahwa hewan tersebut merupakan mahluk nokturnal yang tergantung pada indera penciuman untuk berburu.

Temuan baru

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.