Al Quran Muat Tantangan Tuhan yang Belum Terwujud, Kolonisasi Semesta - Kompas.com

Al Quran Muat Tantangan Tuhan yang Belum Terwujud, Kolonisasi Semesta

Kompas.com - 18/05/2018, 20:00 WIB
Ilustrasi astronot di luar angkasa 1971yes Ilustrasi astronot di luar angkasa

KOMPAS.com - Film seperti Star Trek dan Star Wars memberi gambaran bahwa manusia suatu saat mampu mengolonisasi luar angkasa.

Ternyata, bukan hanya ilmuwan dan sineas yang mengamini hal itu akan terjadi. Agama pun menyinggungnya dan memberikan tantangan untuk mewujudkannya.

Surat Ar Rahman ayat 33 di Al Quran menyebutkan, "Hai jama'ah jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya kecuali dengan kekuatan".

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin, mengatakan, kolonisasi luar angkasa membutuhkan usaha keras manusia, khususnya di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. 

"Kolonisasi manusia Bumi ke luar Bumi, suatu keniscayaan, tetapi hal itu perlu data dan didukung oleh teknologi hayati yang saat ini belum memadai teknologinya. Surat QS 55:33 memberi tantangan untuk menjelajah antariksa bila kekuasaan ipteknya mampu," kata Thomas kepada Kompas.com, Kamis (17/5/2018).

Baca Juga: Petunjuk tentang Alien yang Tersembunyi dalam Surat-surat Al Quran

Sementara itu, dalam Al-Jatsiyah ayat 13, terutulis, "Dan Dia telah menundukkan untukmu apa yang di langit dan apa yang di bumi semuanya, (sebagai rahmat) daripada-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang berfikir". 

"Kata "menundukkan" ini bisa diartikan bahwa manusia dapat memanfaatkan benda langit, misalnya perputaran orbit dan bulan, manusia membuat penanggalan yang berguna bagi manusia, termasuk menciptakan teknologi untuk penjelajahan ke planet lain," kata KH. M. Dian Nafi', pengasuh Pondok Pesantren Al Muayyad Windan, Sukoharjo, Jumat (18/5/2018). 

Saat ini, menurut Dian Nafi, para ahli terus melakukan perkembangan teknologi untuk menjelajahi luar angkasa terus berkembang.

Dua ayat tersebut menggambarkan bahwa Al Quran banyak hal berguna. Bukan sebagai dasar membenci atau mengkafirkan, Al Quran memberikan tantangan kemanusiaan dan tentu saja kebijaksanaan hidup.

Baca juga: Lubang Hitam hingga Tuhan, Inilah Deretan Pemikiran Stephen Hawking

 


Komentar
Close Ads X