Kompas.com - 17/05/2018, 16:31 WIB
Ilustrasi kurma Galiyah AssanIlustrasi kurma


KOMPAS.com - Mulai hari ini, Kamis (17/5/2018), seluruh umat Muslim di seluruh dunia mulai memasuki bulan suci Ramadhan.

Artinya, selama bulan Ramadhan jutaan umat muslim akan berpuasa, menahan diri untuk tidak makan, minum, dan merokok sejak subuh sampai matahari terbenam.

Berpuasa sepanjang hari bisa jadi pengalaman yang melelahkan dan dehidrasi bagi sebagian orang, tergantung di mana mereka tinggal.

Untuk tetap menjaga energi dan terhindar dari dehidrasi selama puasa, mahasiswa dari Universitas Birmingham City, Inggris, telah membuat panduan agar tujuan tersebut bisa tercapai. Berikut panduannya dilansir Aljazeera, Rabu (16/5/2018):

Baca juga: Lika-liku Para Perukyat Menyingkap Hilal

1. Minum lebih banyak air saat malam

Para ahli menyarankan untuk minum air setidaknya dua liter saat sedang tidak puasa (dari waktu berbuka hingga sahur).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Makan seimbang

Saat berpuasa tubuh kekurangan nutrisi yang dibutuhkan sistem tubuh. Sebab itu, para ahli menekankan pentingnya mengonsumsi makanan yang seimbang saat berbuka dan sahur agar kebutuhan nutrisi tubuh tercukupi.

3. Pikirkan alternatif makanan

Gantilah gorengan dengan makanan yang dipanggang, dan gantilah makanan berat dengan yang lebih ringan. Sebagai contoh, ganti makanan manis seperti kue dan cokelat dengan buah atau yogurt.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Aljazeera
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.