Video Ini Tunjukkan Bagaimana HIV Menginfeksi Sel Saat Hubungan Seks

Kompas.com - 16/05/2018, 18:34 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

KOMPAS.com - Human Immunodeficiency Virus (HIV) hingga saat ini adalah salah satu penyakit yang belum bisa disembuhkan.

Salah satu hal yang kita ketahui dari penyakit ini adalah virus tersebut menular melalui hubungan seksual.

Meski tahu tentang cara penularan, tidak ada yang benar-benar tahu bagaimana virus tersebut menular ketika aktivitas seksual.

Namun, para ilmuwan baru-baru ini merilis sebuah video real time yang menunjukkan penularan virus ini dari sel terinfeksi ke inang yang baru selama transmisi seksual.

"Kami memiliki gagasan global tentang bagaimana HIV menginfeksi jaringan (sistem genital/kelamin); tapi melihat video tayangan langsung benar-benar berbeda," ungkap Morgane Bomsel, penulis senior penelitian ini dikutip dari Live Science, Selasa (08/05/2018).

"Urutan peristiwa yang tepat bisa didefinisikan (dari video tersebut)," imbuh ahli biologi molekuler di Institut Cochin, Paris tersebut.

Untuk membuat video tersebut, para peneliti menciptakan model jaringan genital di cawan petri laboratorium.

Jaringan ini termasuk sel epitel yang melapisi membran mukosa genital (kelamin).