Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orang Kreatif Rentan Idap Gangguan Mental, Kok Bisa?

Kompas.com - 12/05/2018, 10:06 WIB
Shela Kusumaningtyas,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Para peneliti di Swedia tertarik untuk mendalami temuan tentang orang kreatif cenderung mengalami gangguan kesehatan mental. Rupanya, hasilnya yang telah dilaporkan dalam The British Journal of Psychiatry memang terbukti demikian.

Tim tersebut bekerja dengan mengumpulkan rekam medis 4,5 juta orang di Swedia dari berbagai latar pendidikan. Namun para peneliti lebih fokus untuk menganalisis catatan kesehatan sampel yang berkuliah di bidang seni.

Hasil menunjukkan, responden yang berkecimpung di industri kreatif 90 persen berpeluang kena skizofrenia pada usia 30-an. Peneliti pun telah membandingkan itu dengan responden yang berkutat di bidang lain.

Sementara itu, risiko orang kreatif mengidap bipolar yakni 62 persen. Lalu, ada pula potensi untuk mengalami depresi sebanyak 39 persen bagi insan kreatif.

Baca juga: Awas, Tidur dengan Cahaya Redup Bisa Picu Depresi

Bukan Temuan Pertama

Seperti yang disebutkan di awal artikel, studi ini memang bukan yang pertama dalam menyatakan adanya kaitan antara orang kreatif dan peluang gangguan mental.

Pada tahun 2010, ada temuan tentang kesamaan cara berpikir para pasien skizofrenia dan orang kreatif berdasarkan hasil citera otak merea.

Lalu, pada tahun 2015, studi mengatakan bahwa orang kreatif punya kemungkinan lebih besar untuk terserang skizofrenia dan bipolar.

Kenapa Begitu?

Peneliti masih terus menggali mengapa orang memiliki peluang lebih besar untuk mengalami gangguan mental. 

Dugaan sementara, keinginan untuk terus berpikir mendapatkan yang terbaik dan terbaru menjadikan emosi para orang kreatif naik turun. Dari situ, timbul potensi depresi.

Baca juga: Studi Baru, Makanan Kaya Serat Bisa Bantu Hindari Depresi

Bipolar sendiri muncul karena orang kreatif umumnya punya energi berlebih dan kehendak yang meletup-letup saat berkarya.

Ada pula faktor genetika yang membuat orang kreatif rentan mengalami gangguan kesehatan mental, begitu kata peneliti utama, James McCabe.

“Kreativitas kerap menelurkan ide yang tak pernah terpikirkan oleh orang lain,” imbuhnya kepada New Scientist, dikutip dari IFL Science, Rabu (9/5/2018).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com