Kali Pertama, Buaya Lakukan Scan MRI Sambil Dengarkan Musik Klasik

Kompas.com - 07/05/2018, 22:08 WIB
Seekor buaya nil sebelum masuk mesin MRI. Seekor buaya nil sebelum masuk mesin MRI.

KOMPAS.com - Otak merupakan produk jutaan tahun evolusi. Untuk memahami bagaimana mamalia dan burung berevolusi dalam memahami bunyi yang kompleks, para ilmuwan Jerman memutuskan untuk melakukan penelitian terhadap buaya nil (Crocodylus niloticus).

Reptil ini dipilih karena mereka sudah hidup sejak 200 juta tahun lalu dan tidak mengalami perubahan selama ribuan tahun. Lewat buaya, para ilmuwan berharap dapat memahami struktur dan perilaku otak.

Untuk pertama kalinya, buaya nil ditempatkan ke alat pemindai MRI. Selama buaya dipindai otaknya, musik klasik yang mewakili bunyi kompleks diperdengarkan.

Data rekaman pola otak buaya saat merespon bunyi kemudian dibandingkan dengan pengamatan otak pada mamalia dan burung.