Kompas.com - 19/04/2018, 21:05 WIB
- nasa.gov-

KOMPAS.com - Setiap bintang punya komposisi kimia yang unik. Biasanya, komposisi kimia ini bisa digunakan untuk menentukan usia bintang tersebut.

Baru-baru ini, sebuah tim astronom internasional mengungkapkan komposisi kimia dari 350.000 bintang di galaksi Bima Sakti. Hal ini dilakukan sebagai bagian dari proyek pemindaian langit.

Tujuannya adalah mengungkapkan "saudara" dari matahari yang hilang.

Data besar dari survei Galactic Archaeology atau juga dikenal sebagai GALAH ini berupaya memberikan wawasan baru ke dalam formasi dan evolusi Bima Sakti.

Baca juga: Muncul 3 Lubang Baru di Matahari, Seberapa Bahayakah untuk Bumi?

Secara keseluruhan, GALAH menyelidiki lebih dari satu juta bintang menggunakan spektograf HERMES. Spektograf ini merupakan instrumen Teleskop Anglo-Australian di Australian Astronomical Observatory, New South Wales.

HERMES mengukur warna cahaya yang berbeda dari bintang-bintang untuk menentukan proporsi atau keseimbangan unsur-unsur kimia yang dikandungnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Survei ini memungkinkan kami untuk melacak leluhur bintang-bintang, dan menunjukkan kepada para astronom bagaimana semesta bertahan dari kandungan hidrogen dan helium, tepat setelah Big Bang, untuk memenuhi semua elemen yang ada sekarang di Bumi untuk kehidupan," ungkap Martin Asplun, pemimpin analisis data survei ini dikutip dari Newsweek, Rabu (18/04/2018).

Ketika sudah selesai, kumpulan data ini bisa membantu para astronom untuk menemukan gugus bintang asli galaksi kita. Gugus bintang yang dimaksud adalah yang melahirkan matahari dan saudaranya sebelum dipisahkan.

Untuk diketahui, setiap bintang dilahirkan dari kelompok. Karena itu, biasanya bintang-bintang yang lahir dari gugus yang sama memiliki komposisi kimia atau "DNA" yang sama pula.

Dengan kata lain, untuk menemukan saudara sebuah bintang, para astronom perlu menganalisis DNAnya.

Halaman:


Sumber Newsweek
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.