Kompas.com - 14/04/2018, 18:34 WIB

KOMPAS.com - Pernahkah Anda membayangkan bagaimana bunyi lubang hitam atau black holes? Mungkin hampir tak terbayangkan jika fenomena antariksa itu berbunyi.

Namun, inilah yang didapatkan oleh para ilmuwan Australia. Mereka telah mengembangkan metodologi baru yang mereka klaim akan memungkinkan untuk mendengar bunyi tabrakan lubang hitam di lapisan ruang dan waktu alam semesta.

Terobosan yang diciptakan para peneliti di Melbourne ini menjanjikan harapan baru mengenai awal-mula terciptanya alam semesta.

"Kami bukan hanya melihat lubang hitam di ruang angkasa terdekat, kami melihatnya dari zaman awal alam semesta ketika bintang-bintang baru saja tercipta," kata Dr Eric Thrane dari Monash University kepada ABC Australia.