Lubang Hitam Berbunyi? Ilmuwan Australia Temukan Cara Mendengarnya

Kompas.com - 14/04/2018, 18:34 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Editor

KOMPAS.com - Pernahkah Anda membayangkan bagaimana bunyi lubang hitam atau black holes? Mungkin hampir tak terbayangkan jika fenomena antariksa itu berbunyi.

Namun, inilah yang didapatkan oleh para ilmuwan Australia. Mereka telah mengembangkan metodologi baru yang mereka klaim akan memungkinkan untuk mendengar bunyi tabrakan lubang hitam di lapisan ruang dan waktu alam semesta.

Terobosan yang diciptakan para peneliti di Melbourne ini menjanjikan harapan baru mengenai awal-mula terciptanya alam semesta.

"Kami bukan hanya melihat lubang hitam di ruang angkasa terdekat, kami melihatnya dari zaman awal alam semesta ketika bintang-bintang baru saja tercipta," kata Dr Eric Thrane dari Monash University kepada ABC Australia.

Baca juga: Saat Dua Lubang Hitam Raksasa di Semesta Bersatu, Beginilah Bunyinya

Disebutkan bahwa setiap tiga menit, di suatu tempat di alam semesta, dua lubang hitam bertabrakan satu sama lain.

Karena gravitasinya begitu dahsyat, ketika bertabrakan, maka tatanan ruang dan waktu akan terguncang. Hal ini mengirimkan gelombang gravitasi kecil melintasi kosmos.

Fisikawan pertama kali mendeteksi radiasi gelombang gravitasi ini pada tahun 2016, menggunakan instrumen LIGO di Amerika Serikat. Penemuan itu bahkan mendapatkan Hadiah Nobel.

Tim astrofisikawan yang berbasis di Melbourne kini telah memanfaatkan terobosan tersebut, dengan mengembangkan teknik-teknik baru yang mereka klaim akan memungkinkan mendengarkan bunyi latar belakang dari lubang hitam yang bertabrakan di seluruh kosmos.

Kemampuan mendengarkan bunyi dari begitu banyak lubang hitam kecil yang semakin jauh dari bumi akan memungkinkan para ilmuwan mengeksplorasi lebih dalam sejarah alam semesta kita.

Fisikawan Silvia Biscoveanu dari MIT di Amerika Serikat berada di Australia bekerja dengan para peneliti Melbourne untuk hal ini.

"Gelombang gravitasi bukanlah gelombang suara. Tetapi kita dapat merepresentasikannya sebagai suara. Jadi kita bisa mendengar seperti apa bunyi dari lubang hitam yang bertabrakan satu sama lain," katanya kepada ABC.

Bukti langsung dari adanya gelombang gravitasi itu, merupakan sesuatu yang dalam pemikiran Albert Einstein, tidak akan pernah mampu kelola. Tapi seperti apakah itu?