Saat Dua Lubang Hitam Raksasa di Semesta Bersatu, Beginilah Bunyinya

Michael Hangga Wismabrata,
Yunanto Wiji Utomo

Tim Redaksi

Sumber Newsweek

KOMPAS.com - Obyek-obyek di antariksa kerap bertabrakan maupun menyatu satu sama lain. Lubang hitam salah satunya.

Menganalisis data gelombang para peneliti proyek The Laser Interferometer Gravitional-Wave Observatory (LIGO) mengungkap bunyi saat dua lubang hitam menyatu.

Ternyata, bunyinya tak menggelegar seperti tabrakan dua buah mobil tetapi hanya serupa balon yang meletus.

Peneliti berhasil membuat simulasi suara persatuan lubang hitam itu dengan modal data gelombang gravitasi yang ditangkap.

Tahun 2016 lalu, peneliti dari proyek LIGO untuk pertama kalinya berhasil menangkap gelombang gravitasi yang bersumber dari persatuan dua lubang hitam.

Gelombang gravitasi dari alam semesta sangat-sangat kecil saat mencapai bumi. Namun, peneliti akhirnya berhasil memisahkannya dari "kebisingan".