Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Dua Lubang Hitam Raksasa di Semesta Bersatu, Beginilah Bunyinya

Kompas.com - 13/04/2018, 17:30 WIB
Michael Hangga Wismabrata,
Yunanto Wiji Utomo

Tim Redaksi

Sumber Newsweek

KOMPAS.com - Obyek-obyek di antariksa kerap bertabrakan maupun menyatu satu sama lain. Lubang hitam salah satunya.

Menganalisis data gelombang para peneliti proyek The Laser Interferometer Gravitional-Wave Observatory (LIGO) mengungkap bunyi saat dua lubang hitam menyatu.

Ternyata, bunyinya tak menggelegar seperti tabrakan dua buah mobil tetapi hanya serupa balon yang meletus.

Peneliti berhasil membuat simulasi suara persatuan lubang hitam itu dengan modal data gelombang gravitasi yang ditangkap.

Tahun 2016 lalu, peneliti dari proyek LIGO untuk pertama kalinya berhasil menangkap gelombang gravitasi yang bersumber dari persatuan dua lubang hitam.

Gelombang gravitasi dari alam semesta sangat-sangat kecil saat mencapai bumi. Namun, peneliti akhirnya berhasil memisahkannya dari "kebisingan".

Baca juga : Kicauan Jagat Raya Terdengar Lagi, Kuatkan Bukti Kebenaran Teori Einstein

Peneliti mengubah data gelombang itu menjadi gelombang suara hingga akhirnya berhasil mendapatkan perkiraan suara saat dua lubang hitam menyatu.

Menurut peneliti, mempelajari gelombang yang melimpah di antariksa tak hanya bermanfaat untuk mengetahui suara misterius yang mungkin ada, tetapi awal alam semesta itu sendiri.

"Suatu hari, teknik ini memungkinkan kita untuk melihat gelombang gravitasi dari Big Bang yang tersembunyi di balik gelombang gravitasi dari lubang hitam dan bintang neutron,"kata Eric Thrane, peneliti dari Monash University di Melbourne, Australia.

Dikutip dari Newsweek Kamis (12/4/2018), para peneliti berencana menggunakan superkomputer untuk mempelajari dari data-data yang telah didapat.

Mereka berpikir metode baru mereka 1.000 kali lebih sensitif daripada teknik yang dilakukan saat ini. Para peneliti menuliskan hasil penelitiannya ke Physical Review X.

Baca Juga: Apa yang Terjadi jika Bumi Kita Dilahap Lubang Hitam Raksasa?

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com