Kompas.com - 06/04/2018, 20:04 WIB

KOMPAS.com — Para astrofisikawan menemukan tanda-tanda keberadaan ribuan lubang hitam di lingkaran dalam galaksi Bima Sakti. Penemuan tersebut menjadi terobosan baru untuk mengetahui proses terjadinya lubang hitam.

Berdasarkan studi yang terbit di jurnal Nature, lubang hitam tersebut berada di pusat Bima Sakti, dekat dengan lubang hitam supermasif Sagittarius A.

Bila dibandingkan dengan Sagittarius A yang berukur 4 juta kali massa Matahari, lubang hitam yang baru terlihat mini. Ia hanya 10 kali massa Matahari kita.

Namun, penemuan ini diyakini bisa menjadi petunjuk baru akan keberadaan lubang hitam dalam jumlah banyak di galaksi kita. Para peneliti bahkan meyakini bahwa jumlah lubang hitam di pusat galaksi kita mencapai 10.000.

Selain itu, penemuan tersebut juga bisa membantu kita memahami tentang gelombang gravitasi atau gelombang yang terjadi dalam ruang-waktu akibat peristiwa kosmik yang kuat, misalnya saat benda-benda besar bertabrakan.

"Ada banyak peristiwa yang terjadi di sana. Pusat galaksi adalah tempat yang aneh. Itulah mengapa orang suka mempelajarinya. Ini puncak gunung es," kata Chuck Hailey, pemimpin penelitian yang juga  astrofisikawan dari Universitas Columbia kepada kantor berita Prancis, AFP.