Kompas.com - 30/03/2018, 19:33 WIB

KOMPAS.com - Menstruasi adalah siklus bulanan yang dialami oleh setiap perempuan. Sayangnya, kondisi ini sering menyebabkan para perempuanmerasa terhalang untuk berolahraga, terutama renang.

Seolah ada larangan tak tertulis bagi perempuan menstruasi untuk berenang.

Namun, benarkah perempuan yang sedang haid atau mestruasi tak boleh berenang?

Dokter spesialis kandungan dan kebidanan, Benny Johan Marpaung menyebut, dalam dunia kedokteran tidak ada larangan berenang selama tamu bulanan tersebut datang.

Menurutnya, hal yang membuat masyarakat takut berenang mungkin terkait aspek kebersihan. Kekhawatiran masyarakat disebut wajar karena memang kolam renang silih berganti dimasuki banyak orang.

 

Baca juga: Penyebab Menstruasi Beraroma Amis dan Solusinya

Ini tentu rentan menjadi media penyebaran bakteri. Alasan tersebut, kata Benny, bisa diatasi dengan mengetahui hal berikut sebelum terjun ke kolam renang.

Jangan Pakai Pembalut

Misalnya, perempuan haid sebaiknya jangan memakai pembalut ketika berenang. Mungkin hal ini terbaca kurang menyenangkan, sedang datang bulan tapi tak mengenakan pembalut. 

Namun sebenarnya ada alasan mengapa hal itu dianjurkan Benny. Bagi Anda yang pernah mengenakan pembalut saat berenang, tentu akan merasakan hal yang tak nyaman untuk bergerak akibat pembalut yang terkena air.

Selain rasa tidak nyaman saat bergerak, pembalut akan membesar dan lembap.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.