Kompas.com - 22/03/2018, 17:03 WIB
Ilustrasi COMMUNITYTABLE.COMIlustrasi

KOMPAS.com – Sebuah studi baru yang dipublikasikan dalam jurnal Plos Biologymengungkapkan bahwa obesitas bisa membuat indera perasa kita semakin tumpul.

Para ilmuwan menemukan hal tersebut setelah melakukan penelitian pada tikus. Mereka memberi makan tikus dengan pola normal atau berlemak.

Dalam delapan minggu, tikus-tikus yang mendapat pola makan berlemak mengalami obesitas dan menjadi sepertiga kali lebih berat daripada tikus-tikus yang pola makannya normal.

Tikus-tikus yang obesitas juga ditemukan memiliki 25 persen lebih sedikit tunas pengecap dibanding tikus yang sehat.

Temuan ini menunjukkan bahwa kenaikan berat badan tidak hanya mengubah persepsi rasa pada tahap psikologi saja, tetapi juga secara fisik, dan bisa menjelaskan mengapa beberapa orang kesulitan menghentikan kenaikan berat badannya.