Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Label Kalori pada Menu Makanan Bisa Cegah Obesitas

Kompas.com - 27/02/2018, 17:03 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

Sumber Telegraph


KOMPAS.com - Rutin memberi catatan jumlah kalori dalam makanan yang akan disantap adalah ide bagus untuk membantu program diet kita.

Catatan jumlah kalori yang dimaksud sama seperti pelabelan jumlah kalori pada menu di restoran tertentu.

Menurut peneliti dari Universitas Cambridge, label informasi kalori itu akan membuat seseorang berpikir dua kali sebelum menyantap makanannya.

Hal ini menandakan label kalori dapat membuat seseorang untuk membuat pilihan dan memutuskan untuk memilih makanan yang lebih sehat.

Baca juga : Peneliti Kembangkan Koyo Baru untuk Atasi Obesitas

Peneliti telah memeriksa bukti dari 28 penelitian yang menunjukkan bahwa kehadiran label dapat mengurangi asupan kalori.

"Pelabelan nutrisi dapat membantu seseorang mengurangi asupan kalori dan memberi dampak lebih luas dalam mengatasi obesitas," kata penulis utama laporan Profesor Theresa Marteau, Direktur Unit Penelitian Perilaku dan Kesehatan di Universitas Cambridge, Inggris, dilansir Telegraph, Selasa (27/2/2018).

Kajian ini sangat didukung oleh para ahli dari berbagai institusi Internasional. Mereka percaya bahwa pelabelan nutrisi merupakan salah satu langkah untuk mendorong hidup sehat.

Selain itu, pelabelan terbukti efektif menurunkan asupan kalori, karena manusia lebih mempercayai apa yang mereka lihat secara langsung dan dapat menentukan pilihan sendiri.

"Pelabelan energi terbukti efektif karena orang-orang melihat dan membaca (label kalori), dengan begini akan terjadi penurunan kalori yang dihasilkan." kata Profesor Ian Caterson, Presiden Federasi Obesitas Dunia.

Selain dibantu palabelan nilai gizi pada menu makanan, komitmen besar untuk hidup sehat dan menghindari masalah kesehatan terkait obesitas juga sangat perlu diperhatikan. Sebab akan sia-sia jika sudah mencantumkan label tapi dari diri sendiri tidak ada niatan untuk hidup lebih sehat.

Baca juga : Benarkah Buah Ceri Bisa Cegah Obesitas?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Telegraph
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com