Kompas.com - 22/03/2018, 12:33 WIB

KOMPAS.com - Awal maret lalu, singa betina bernama Bridget yang tinggal di kebun binatang Oklahoma City (OKC), AS, membuat kehebohan.

Singa 18 tahun itu memiliki surai atau rambut di area wajah yang umumnya hanya dimiliki singa jantan.

Surai milik Bridget mulai tumbuh sejak Maret hingga November 2017.

Sejak saat itu, dokter hewan terus menyelidiki apa yang membuat Bridget ditumbuhi surai. Kini, mereka berhasil menemukan penyebab pastinya.

Baca juga : Bingungkan Peneliti, Singa Betina Ini Punya Rambut Mirip Pejantan

Seperti diberitakan Kompas.com sebelumnya, Direktur Layanan Hewan dari Kebun Binatang OKC, Dr. Jennifer D'Agostino, yang merawat Bridget mengambil sampel darah Bridget.

Sampel darah yang diambil dari ekornya itu berhasil diambil setelah Jennifer dan pawang singa melatih Bridget agar mau memberikan ekornya.

Mereka juga mengambil sampel darah dari saudara betina Bridget yang bernama Tia. Sampel darah dari Tia berfungsi sebagai variabel kontrol untuk membandingkan kadar hormonnya.

Lalu, kedua sampel darah itu dikirim ke laboratorium sekolah kedokteran hewan di Universitas Tennessee untuk dianalisis.

Peneliti berekspektasi akan menemukan kadar testosteron yang tinggi seperti yang ditemukan pada singa betina di Botswana, Afrika.

Pada 2011, seekor singa betina berusia 13 tahun juga ditumbuhi surai. Hasil penelitian menyebut ia memiliki sel testis di dalam ovariumnya sehingga membuat kadar testosteron meningkat.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.