Kompas.com - 14/02/2018, 07:06 WIB

KOMPAS.com — Seorang pemburu gelap tewas secara mengenaskan setelah diserang kawanan singa di Afrika Selatan. Polisi pun kesulitan melakukan penyelidikan karena minimnya barang bukti.

Sejauh ini, polisi Afrika Selatan hanya menemukan organ kepala pria tersebut dan beberapa anggota tubuh yang berceceran di dalam Taman Konservasi Alam Ingwelala. Pria tersebut diduga menjadi mangsa singa jantan.

Juru bicara kepolisian Limpopo, Moatshe Ngoepe, mengungkapkan, polisi sedang berusaha keras untuk mengidentifikasi korban dari anggota tubuhnya yang ditemukan seminggu lalu.

"Tampaknya korban sedang melakukan perburuan di taman bermain saat dia diserang dan dibunuh oleh singa. Mereka memakan tubuhnya, hampir semuanya, dan menyisakan bagian kepala dan sejumlah anggota tubuh lainnya," kata Ngoepe kepada AFP.

Baca Juga: Terekam, Singa Ini "Cium Tangan" Seekor Anjing, Kok Bisa? 

Taman Ingwelala berlokasi tak jauh dari Taman Nasional Kruger di Afrika Selatan. Dari hasil penyelidikan sementara, pria tersebut diduga kuat sedang melakukan perburuan hewan dilindungi ketika diserang.

Dikutip dari Sciencealert, Selasa (13/2/2018), polisi menemukan jasad di kawasan singa dan kemungkinan besar korban sedang berburu hewan ini. Tahun lalu, banyak singa ditemukan mati karena diracun dengan kepala terpenggal. Hewan liar di Afrika ini sering diburu untuk membuat obat-obatan tradisional.

Polisi menduga korban tidak hanya berburu singa, tetapi juga badak yang lebih laku di pasaran dan sudah biasa menjadi incaran para pemburu liar.

Kasus perburuan badak di Provinsi Limpopo, Afrika Selatan, diperparah oleh banyaknya permintaan cula badak untuk bahan obat tradisional dari negara China dan Vietnam serta beberapa negara Asia lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.