Inilah 10 Tanda bahwa Anda Cerdas, Menurut Sains

Kompas.com - 12/03/2018, 19:28 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com — Siapa yang tak ingin disebut cerdas? Kebanyakan orang selalu ingin menjadi orang yang lebih pintar, cerdas, dan memiliki pengetahuan tinggi.

Sayangnya, banyak orang juga tidak menyadari bahwa dirinya cerdas. Apalagi, kecerdasan memang banyak jenisnya.

Dengan kata lain, lemah dalam satu bidang bukan berarti membuat Anda tidak cerdas.

Lalu, yang menjadi pertanyaan besar adalah apa tanda-tanda orang cerdas? Dirangkum dari Business Insider, Sabtu (10/03/2018), inilah 10 tanda bahwa Anda cerdas.

Baca juga: Benarkah Pemimpin Terlalu Cerdas Justru Tak disukai?

1. Tidak Selalu Tahu

Mungkin banyak yang berpikir berpura-pura mengetahui segalanya membuat Anda terlihat lebih cerdas. Sayangnya, anggapan ini tak sepenuhnya benar.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Personality and Social Psychology menemukan, orang yang berani mengkritik dirinya sendiri justru lebih cerdas. Dengan kata lain, orang cerdas menerima kekurangannya dan menjadikan itu patokan untuk belajar lebih giat.

Temuan tersebut didapatkan oleh para peneliti setelah membandingkan bagaimana prediksi para siswa seusai menjalani sebuah tes.

Siswa yang memiliki nilai lebih rendah cenderung mengira nilainya lebih bagus. Sebaliknya, siswa bernilai tinggi justru memprediksi nilainya buruk.

2. Penasaran

Rasa penasaran adalah jalan masuk pengetahuan. Itu karena dengan rasa penasaran, Anda selalu ingin tahu terhadap sesuatu.

Hal ini juga ditegaskan oleh penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Individual Differences. Para peneliti menemukan bahwa orang yang bernilai IQ lebih tinggi cenderung lebih penasaran dan terbuka terhadap gagasan baru.

Kecerdasan dan rasa ingin tahu memang selalu beriringan. Orang cerdas cenderung ingin tahu banyak hal mulai dari kehidupan sehari-hari hingga pertanyaan-pertanyaan filosofis tentang alam semesta.

Baca juga: Diciptakan, Kecerdasan Buatan yang Bisa Hasilkan Anak Lebih Cerdas

3. Melengkapi kalimat Orang Lain

Pernahkah Anda tak sengaja melengkapi kalimat teman atau lawan bicara ketika mereka merasa kesulitan memilih kata? Jika ya, itu merupakan salah satu tanda bahwa Anda cerdas.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X