Kompas.com - 28/02/2018, 07:07 WIB
Seekor gajah Afrika wikimedia.orgSeekor gajah Afrika

KOMPAS.com – Para peneliti berhasil menemukan spesies gajah baru yang masih hidup setelah melakukan penelitian genom gajah terlengkap di dunia.

Ternyata, ada dua jenis gajah Afrika, yakni yang hidup di hutan dan yang hidup di padang rumput. Sebelumnya, kedua spesies ini dikira spesies yang sama, walaupun mereka telah hidup terpisah satu sama lain selama setengah juta tahun.

Dengan pemisahan ini, kini dunia memiliki total tiga spesies gajah, termasuk gajah Asia.

Untuk menemukan hal ini, para peneliti mengurutkan genom dari tujuh spesies gajah dan mastodon.

Baca juga : Gajah Takut pada Lebah, Ternyata Ini Sebabnya

Ketujuhnya adalah dua gajah Afrika yang hidup di padang rumput, dua yang hidup di hutan, dua gajah Asia, dua gajah bergading lurus yang telah punah, empat mammoth berbulu yang hidup di Amerika Utara dan Siberia yang juga sudah punah, satu mammoth Kolombia, dan dua mastodon Amerika.

Mastodon memang bukan gajah, tetapi ia adalah sepupu gajah yang sudah punah.

Selain menemukan perbedaan mendasar antara gajah padang rumput dan gajah hutan Afrika, para peneliti juga menemukan banyak pertukaran gen antara spesies-spesies gajah yang sudah punah. Namun, kebiasaan ini sudah tidak dilakukan oleh gajah masa kini.

Gajah bergading lurus yang dulu hidup di Eropa dan Asia, misalnya. Spesies ini ternyata merupakan hibrida dari gajah Afrika kuno, mammoth berbulu, dan gajah hutan Afrika yang masih hidup hingga sekarang.