Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Panya, Gajah yang "Menumpang" Helikopter

Kompas.com - 03/01/2018, 22:04 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

KOMPAS.com - Pernahkah Anda membayangkan seekor gajah yang "menumpang" helikopter? Itulah yang baru-baru ini terjadi di Kenya.

Proyek Gajah Mara, sebuah program konservasi yang berbasis di Kenya membantu gajah yang memerlukan pertolongan. Biasanya, organisasi ini menyelamatkan bayi gajah yang orang tuanya terbunuh akibat berburuan gading.

Namun pada November 2017 lalu, seekor bayi gajah yang kabur dari manusia diselamatkan oleh kelompok ini menggunakan helikopter. Hal ini dibuktikan dengan video penyelamatan bayi gajah malang tersebut.

Dalam video berdurasi 1 menit 15 detik itu, terlihat dua petugas lari dari arah hutan. Salah satunya menggendong seekor bayi gajah yang berukuran kecil menuju helikopter.

Baca juga: Nyata, Induk Gajah Ini Berterima Kasih Setelah Anaknya Diselamatkan

Bayi gajah tersebut pun diangkut menggunakan helikopter. Mereka menuju pusat penelitian taman nasional.

Selanjutnya, bayi gajah itu dibawa ke "panti asuhan" David Sheldrick Wildlife Trust di Nairobi. Di sana ia dirawat dan dimonitor semalaman.

Setelah tujuh jam berlalu, anak gajah tersebut akhirnya bisa berdiri sendiri, ungkap Marc Goss, CEO dari proyek gajah Mara.

"Intervensi dengan bayi gajah yang ditinggalkan adalah sesuatu yang teratur kami lakukan," kata juru bicara Proyek Gajah Mara dikutip dari National Geographic, Senin (01/01/2018).

"Namun, ini pertama kalinya kami memiliki anak gajah sebagai penumpang di helikopter kami, biasanya mereka sedikit terlalu besar untuk perjalanan ini," sambungnya.

Anak gajah ini lahir prematur. Karenanya, ia terlalu pendek untuk mencapai puting susu sang induk.

Umumnya, gajah Afrika yang baru lahir memiliki berat sekitar 90 kilogram dan bisa berdiri dengan tinggi 1 meter. Tapi menurut Goss, bayi gajah yang baru mereka selamatkan tersebut hanya memiliki berat sekitar 100 kilogram.

Baca juga: Gen Ini Membuat Gajah Terhindar dari Kanker

Goss mengatakan bahwa induk gajahnya mencoba selama berjam-jam untuk membuat bayi ini berdiri. Sayangnya, hal tersebut tidak bisa terjadi, dan akhirnya induk gajah tersebut meninggalkannya.

Anak gajah yang ditinggalkan ini awalnya ditemukan oleh para wisatawan pada suatu malam. Segera setelah menemukannya, para wisatawan menghubungi pihak konservasi untuk memindahkan anak gajah ini dan memberinya makan.

Sesampainya di "panti asuhan", para dokter melakukan serangkaian tes pada anak gajah ini untuk memastikan tubuhnya sehat. Mereka menemukan bahwa anak gajah ini adalah betina dan menamainya Panya.

Para petugas memberi Panya selimut agar tetap hangat. Selain itu, mereka juga memberinya susu dengan botol yang disangga dengan kedua kaki anak gajah tersebut.

Halaman:



Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com