Sering Mati Konyol, Inilah Kenapa Fosil Mammoth Banyak yang Jantan

Kompas.com - 04/11/2017, 21:45 WIB
Fosil Mammoth yang ditemukan di Swiss. PHYS.ORGFosil Mammoth yang ditemukan di Swiss.
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com - Salah satu binatang purba yang sering ditemukan oleh para arkeolog adalah mammoth. Namun secara spesifik, gajah purba yang paling banyak ditemukan berjenis kelamin jantan.

Hal ini memicu pertanyaan bagi para ilmuwan. Mengapa mayoritas fosil mammoth adalah jantan?

Para peneliti menemukan bahwa para mammoth jantan ini mati dan terkubur dengan alasan konyol.

"Pada banyak spesies, laki-laki cenderung melakukan hal-hal bodoh yang akhirnya membuat mereka terbunuh dengan cara yang konyol, dan itu tampaknya juga benar bagi mammoth," kata Love Dalen, seorang ahli biologi evolusioner dikutip dari New York Times, Kamis (2/11/2017).

Baca juga: Fosil Ikan Aneh Tulis Ulang Sejarah Evolusi Hewan Berkaki Empat

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Current Biology ini menyebutkan bahwa mammoth jantan muda yang hidup pada zaman es mungkin berkeliaran sendiri dan lebih sering masuk ke situasi berisiko.

Mereka sering terseret arus sungai, jatuh masuk ke dalam celah es, rawa, atau saluran pembuangan.

Para peneliti berkata bahwa hal inilah yang kemudian melindungi tulang mereka selama ribuan tahun.

Sementara itu, mammoth betina lebih banyak melakukan perjalanan dalam kelompok yang dipimpin seorang ibu tua yang tahu medannya dan menjauhkan kawanannya dari bahaya.

"Tanpa manfaat hidup dalam kawanan yang dipimpin oleh betina yang berpengalaman, mammoth jantan mungkin memiliki risiko kematian yang lebih tinggi dalam perangkap alami seperti rawa, celah, dan danau," sambung Dalen dari Swedish Museum of Natural History dikutip dari AFP, Kamis (2/11/2017).

Dalen dan koleganya menganalisis DNA dari 98 fosil mammoth (Mammuthus primigenius) yang ditemukan di Siberia, Rusia. Sekitar dua pertiga dari fosil tersebut adalah jantan.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X