Ternyata Emosi Berperan Penting Menciptakan Kenangan, Kok Bisa?

Kompas.com - 27/02/2018, 19:04 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Kita memiliki kenangan yang sulit dilupakan meski sudah bertahun-tahun. Sebut saja seperti perpisahan dengan seseorang yang sangat dicintai atau ciuman pertama.

Saat kejadian itu terjadi di masa lalu, ternyata otak sedang menciptakan sinapsis baru (titik temu terminal akson antara salah satu neuron dengan neuron lain, red) yang menghubungkan neuron.

Semakin kuat sinapsis yang dibuat, maka akan semakin mudah untuk kita mengakses kenangan yang pernah terjadi di masa lalu.

Menariknya, para ilmuwan dari University of Waterloo, Kanada, yang melakukan penelitian ini menemukan bahwa terciptanya sinapsis bergantung pada keadaan pikiran kita saat kejadian itu terjadi. Salah satu hal yang memengaruhi proses pembentukan ingatan adalah kecemasan.