Kompas.com - 10/11/2017, 19:35 WIB
|
EditorResa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com -- Semua orang pasti memiliki kenangan yang sebenarnya tidak ingin diingat lagi, tetapi telah membekas di dalam otak.

Entah itu perpisahan yang pahit dengan mantan, pertengkaran dengan saudara, film horor, atau hal-hal tidak menyenangkan lainnya; ternyata otak dapat melupakannya bila memiliki gamma-Aminobutyric acid (GABA) yang cukup.

Sebenarnya, GABA merupakan sebuah neurotransmiter. Ia bertugas untuk membawa pesan atau sinyal di antara neuron, dan dapat ditemukan di seluruh sistem saraf pusat mamalia, termasuk manusia.

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa GABA memainkan peran penting dalam menekan pikiran dan ingatan yang tidak diinginkan di wilayah otak yang disebut hippocampus (bagian otak besar yang terletak di lobus temporal dan berperan untuk mengingat, red).

BACA: Ketakutan Cuma Produk Otak, Kita Bisa Menghapusnya jika Mau

Dalam penelitian yang sudah dipublikasikan dalam jurnal Nature Communication, Jumat (3/11/2017), cara ini disebut dapat membantu manusia untuk mengurangi pikiran yang tidak diinginkan.

Selain itu, penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Cambridge ini menyebutkan bahwa GABA juga memberi petunjuk tentang apa yang salah di dalam otak seorang penderita penyakit skizofrenia.

Seperti dilansir dari Live Science, Rabu (8/11/2017), para peneliti mengamati 24 otak orang muda yang sehat untuk mengingat kembali kenangan di masa lalu.

Hasilnya, mereka menemukan bahwa peserta yang memiliki lebih banyak GABA pada hippocampus dapat lebih mengendalikan memori dan kenangan daripada mereka yang memiliki sedikit GABA.

BACA: Sains Ungkap Dampak Kurang Tidur pada Otak dan Mental

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.