Kompas.com - 26/02/2018, 20:32 WIB
Ilustrasi cemas dan takut KatarzynaBialasiewiczIlustrasi cemas dan takut

KOMPAS.com - Kenalilah rasa cemas Anda apabila ingin terhindar dari masalah yang lebih berat. Studi menunjukkan kecemasan berlebih akan membuat performa dan memori Anda tidak maksimal.

Peneliti dari Universitas Waterloo menjelaskan 80 mahasiswa yang mampu mengolah rasa cemas dapat lebih mudah mengingat hal-hal detail. Peserta yang tingkat kecemasannya tinggi justru cenderung akan mengubah sesuatu hal yang seharusnya netral menjadi negatif.

"Pada tingkat tertentu, kecemasan akan memberikan efek positif, namun berdasar penelitian lain, kecemasan pada tingkat tinggi akan mempengaruhi ingatan dan penampilan mereka," kata kata Myra Fernandes, seorang profesor di Fakultas Psikologi di Universitas Waterloo, dikutip dari Eurekalert, Senin (26/2/2018).

Baca Juga: Sering Cemas? Batasi Konsumsi Kopi

Peneliti meminta 80 mahasiswa dari Universitas Waterloo untuk menyelesaikan Tes Skala Kecemasan Depresi dan Stres.

Peserta dibagi menjadi dua kelompok secara acak, kelompok pertama masuk dalam grup penyandian mendalam dan kelompok lainnya penyandian dangkal. 64 peserta tersebut berjenis kelamin perempuan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seseorang yang memiliki kecemasan tinggi akan menunjukkan kepekaan yang tinggi dan mempengaruhi emosi mereka terhadap sebuah ingatan yang seharusnya netral selama proses pengodean.

"Memikirkan kejadian dengan emosi negatif akan membawa Anda ke pola pikir negatif, bias atau akan mengubah cara pandang Anda terhadap lingkungan Anda saat ini," kata Christopher Lee, Psikolog dari Universitas Waterloo.

Fernandes mengatakan, penemuan ini sangat penting bagi pendidik untuk memperhatikan pengelolaan kecemasan siswa sehingga materi pelajaran bisa terserap maksimal.

"Jadi, untuk masyarakat umum, saya kira sangat penting untuk menyadari bagaimana sebuah prasangka tentang suatu hal di masyarakat terbentuk dan membentuk apa yang kita lalui saat ini," katanya.

Baca Juga: Cemas karena Bentuk Fisik Berubah akibat Penuaan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber EurekAlert
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.