Astronot Masa Depan Bisa Tahan Radiasi Luar Angkasa, Begini Caranya

Kompas.com - 26/02/2018, 12:28 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.

KOMPAS.com - Sebelum astronot diberangkatkan ke ruang angkasa ada banyak daftar pemeriksaan cukup panjang yang harus dilalui.

Salah satu hal terpenting adalah pemeriksaan keadaan pesawat ruang angkasa. Mulai dari fungsinya sebagai alat transportasi, sampai pertimbangan lain yang meliputi makanan ramah ruang angkasa, alat yang digunakan di nol gravitasi, sarana komunikasi ke bumi, dan lainnya.

Pelatihan, persiapan, dan kelengkapan astronot sangat diperhatikan NASA dan badan antariksa lain. Namun, hingga saat ini astronot juga masih menghadapi sejumlah risiko kesehatan, terutama yang berkaitan dengan paparan sinar radiasi.

Efek radiasi sendiri sangat berbahaya untuk kesehatan. Termasuk di antaranya peningkatan risiko terhadap beberapa jenis kanker, mutasi genetik, kerusakan sistem saraf, dan katarak.

Sebab itu, tim internasional dari NASA Ames Research Center dan peneliti lain merencanakan membuat sebuah teknologi masa depan yang disebut human radioresistance.