Kompas.com - 06/02/2018, 21:01 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|
EditorGloria Setyvani Putri

KOMPAS.com - Mungkin banyak dari Anda yang tak bisa tidur di malam hari kemudian mencuri waktu tidur di siang hari agar bisa lebih produktif.

Tidur semacam ini dikenal dengan tidur polyphasic yang mengganti jatah tidur di malam hari ke siang hari. Durasi waktunya pun bermacam-macam.

Dilansir dari Time, Selasa (30/1/2018), tidur polyphasic adalah rahasia di balik pemikiran hebat para ilmuwan seperti Leonardo da Vinci dan Nikola Tesla.

Lalu, apakah tidur dengan pola seperti ini dapat menimbulkan dampak buruk bagi tubuh?

Baca juga : Kurang Tidur, Dampaknya Lebih Buruk Bagi Perempuan

Sebelum menjawab pertanyaan itu, ada baiknya kita tahu apa itu tidur polyphasic yang mengganti jatah tidur malam ke siang hari. Bagi orang yang sudah menjalankan tidur polyphasic, pola tidurnya berbeda.

Salah satu yang paling populer adalah melakukan tidur nyenyak dan menambahkan tidur di siang hari selama 20 menit. Panjang tidur nyenyak di malam hari dan siang masing-masing orang berbeda, namun jika diakumulasi mereka menghabiskan waktu tiga sampai tujuh jam untuk tidur.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ada pula yang hanya tidur siang selama 20-30 menit setiap empat jam dalam satu hari. Misalnya saja pukul 9.00 pagi tidur selama 30 menit, kemudian tidur lagi selama 30 menit pukul 13.00, begitu seterusnya.

Konon, orang yang melakukan pola tidur seperti ini otaknya bisa lebih produktif.

Itu karena saat tidur normal, otak sebenarnya hanya mendapat sekitar 1 jam untuk beristirahat (REM Sleep). Dalam periode ini, tubuh akan tidur dengan nyenyak, sedangkan sisa waktu yang lain digunakan untuk proses pertumbuhan dan detoksifikasi.

Oleh orang yang mempraktikkan tidur polyphasic, fase selain tidur REM tidak dibutuhkan. Mereka lebih memilih menggunakan waktu tersebut untuk melakukan kegiatan lain. Ada anggapan bahwa jika melakukan pola tidur polyphasic maka sepenuhnya melakukan tidur berkualitas.

Baca juga : Apa yang Tubuh Manusia Lakukan Saat Tidur?

Halaman:


Sumber Time
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.