Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah yang Membuat Kloning Monyet di China Berhasil

Kompas.com - 25/01/2018, 19:34 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

KOMPAS.com - Berita tentang ilmuwan China yang berhasil melakukan kloning pada monyet mendapatkan banyak perhatian publik. Salah satunya karena hasil ini berarti kita selangkah lebih dekat dengan kloning manusia.

Namun, yang tak kalah menarik perhatian adalah bagaimana para ilmuwan ini berhasil melakukan kloning pada primata. Lalu, seperti apakah proses yang dilakukan para ilmuwan China untuk mendapatkan dua monyet, bernama Zhong Zhong dan Hua Hua, tersebut?

Pertukaran DNA

Untuk kedua primata bermata besar tersebut, para ilmuwan China melakukan proses yang disebut dengan transfer nuklir sel somatik (tubuh). Dalam proses ini, para peneliti mengambil sel telur (oosit) monyet dan mengeluarkan nukleus (inti sel/pembentuk DNA).

Selanjutnya, mereka mengambil sel tubuh atau somatik dari janin monyet dan melepaskan nukleusnya, mentransfer inti sel tersebut ke dalam telur kosong yang telah diambil nukleusnya tadi. Sel telur yang "direkonstruksi" ini kemudian dibiarkan tumbuh, terbelah, dan akhirnya menjadi embrio awal.

Baca juga: Snuppy, Anjing Kloning Pertama di Dunia, Dikloning Ulang dan Sukses

Selanjutnya, embrio tersebut ditempatkan pada rahim monyet betina hingga lahir.

Cara ini mirip dengan yang digunakan pada domba Dolly tahun 1996 silam. Di samping itu, cara ini juga telah digunakan untuk mengkloning banyak hewan seperti domba, tikus, sapi, hingga anjing.

Meski berhasil pada hewan lain, sayangnya, cara ini berkali-kali menuai kegagalan pada kloning primata. Dengan kata lain baru kali para ilmuwan berhasil mengkloning primata.

Hal ini tentu menjadi tanda tanya besar bagaimana ilmuwan di China tersebut berhasil membuat kloning primata untuk pertama kalinya.

"Mungkin perbedaan nuklei somatik dari spesies primata tidak dapat mengekspresikan gen yang dibutuhkan untuk pengembangan embrio," ungkap Mu-Ming Poo, salah satu peneliti yang terlibat dikutip dari Live Science, Rabu (24/01/2018).

Untuk mengatasi masalah tersebut, para peneliti memperbaiki teknik pengkloningan mereka. Mereka mengoptimalkan transfer nuklir dengan pencitraan mutakhir.

Di samping itu, mereka juga memperbaiki perpaduan sel donor ke sel telur selama proses transfer.

Baca juga: Kisah Domba Dolly, Hasil Kloning Mamalia Pertama di Dunia

"Kami mencoba beberapa metode yang berbeda, tapi hanya satu yang berhasil," kata Qiang Sun, penulis senior penelitian ini dikutip dari Science Alert, Kamis (25/01/2018).

"Ada banyak kegagalan sebelum menemukan cara untuk mengkloning seekor monyet," imbuhnya.

Setelah melalui berbagai percobaan, para peneliti beralih menggunakan epigenetika (perubahan ekspresi genetika) untuk melakukan pemrograman ulang ini. Mereka tak hanya mengubah urutan DNA itu sendiri, tapi juga cara gen individu diekspresikan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com